Merasa Terpanggil Lihat Sampah Berserakan, Demokrat Bali Gotong Royong Bersihkan Sampah di Pura Besakih

  07 April 2022 SOSIAL & BUDAYA Karangasem

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Karangasem selain dipadati umat yang hendak melakukan persembahyangan, disisi lain menyisakan berbagai jenis sampah yang berserakan di areal Pura Besakih sehingga terlihat jorok dan tidak sedap dipandang mata.

Hal ini tentu mengetuk hati Pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Bali melakukan gotong royong membersihkan sampah organik maupun non organik yang berserakan tersebut. Bertepatan dengan hari penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Kamis 7 April 2022, pengurus Demokrat Bali menunjukkan aksi nyata kepedulian sosialnya dengan melakukan aksi bersih-bersih membersihkan sampah di areal Pura Besakih.

Tak tangung-tanggung, untuk memberi contoh aksi mulia ini dipimpin langsung Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta bersama Sekretaris Made Sada, Bendahara Utami Dwi Suryadi dan dihadiri ratusan orang pengurus dan kader Demokrat Bali yang sengaja datang rombongan menggunakan bus ke Besakih. Tanpa canggung Mudarta dan jajaran mengambil, mengumpulkan dan mengangkut langsung sampah-sampah yang berserakan di areal pura baik sampah plastik, botol-botol plastik, sampah bekas makanan dan lainnya.

Bahkan, aksi bersih-bersih di Pura Besakih oleh Partai Demokrat ini membuat dua turis asing asal Italy yakni Andrea dan Patrizia yang berwisata ke Pura Besakih terketuk hatinya untuk ikut membantu dan berbaur bersama kader Demokrat Bali dengan membersihkan sampah bersama-sama.

"Kader Demokrat merasa terpanggil melakukan aksi bersih-bersih karena melihat banyak sampah berserakan di areal Pura Besakih dan tenaga kebersihan yang ada juga kewalahan dengan banyaknya pemedek yang disertai banyaknya volume sampah yang ada," kata Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta yang didampingi Sekretaris Made Sada dan Bendahara Utami Dwi Suryadi.

Kali ini, pengurus Demokat Bali juga membagikan kantong sampah kepada para pedagang di areal menuju pura sambil mengedukasi mereka agar tetap ikut bersama-sama menjaga kebersihan sehingga ekonomi rakyat kecil bergerak tapi areal pura tetap bersih dan indah. Selain aksi bersih-bersih, Demokrat Bali juga menyumbangkan sarana penanganan kebersihan seperti sapu dan tong sampah kepada petugas kebersihan.

"Kalau sampah sudah terkumpul di pinggiran bangunan pura, yang berkumpul adalah lalat, menimbulkan bau tidak sedap. Tapi dengan aksi bersih-bersih ini, mudah-mudahan lalat berganti dengan kupu-kupu yang indah," harap Mudarta.

Kali ini, Demokrat Bali juga memberikan edukasi kepada masyarakat para pemedek tentang arti pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga kesucian areal pura. Aksi bersih-bersih areal pura ini juga implementasi nyata filosofi adiluhung Tri Hita Karana di Bali yakni menciptakan keharmonisan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan.

"Untuk itu, Demokrat Bali ada di depan dalam rangka aksi bersih-bersih areal Pura Besakih ini. Tujuannya jelas mewujudkan lingkungan pura yang bersih, indah dan nyaman tidak hanya bagi pemedek dan masyarakat sekitar tapi juga bagi wisatawan yang berkunjung ke Pura Besakih," jelas Mudarta.

Aksi bersih-bersih areal pura ini juga simbolisasi dari politik bersih yang diusung oleh Partai Demokrat dan komitmen nyata Demokat mendukung program Bali Clean and Green, Bali Bersih dan Hijau. Terkait penangan sampah di areal Pura Besakih, Mudarta mengakui penangannya tidak hanya bisa mengandalkan para petugas kebersihan karena jumlah mereka juga sangat terbatas sehingga diperlukan peran serta masyarakat dan umat yang sembahyang di pura ini.

Menurut Mudarta, dukungan nyata dan bantuan pemerintah sangat diperlukan dengan dukungan anggaran yang cukup baik untuk memberikan insentif kepada para tenaga kebersihan maupun untuk pengadaan infrastruktur dan armada transportasi penanganan sampah.

Sebelum aksi sosial bersih-bersih areal Pura Besakih terlebih dahulu melakukan persembahyangan bersama yang menjadi bentuk rasa syukur pasca pengurus baru DPD Demokrat Bali periode 2021-2026 telah resmi dilantik oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual di Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, pada Jumat 25 Maret 2022.

“Ini adalah aksi sosial yang berkelanjutan. Kami juga rutin pergi ke panti asuhan dan terus membantu masyarakat yang terdampak ekonominya,” terang Mudarta.

Dalam persembahyangan bersama ini, Mudarta mengaku pengurus Demokrat Bali mendoakan pandemi Covid-19 dengan semua variannya segera dilebur (dipralina) agar pandemi selesai, ekonomi menggeliat, dan kehidupan kembali normal, masyarakat sejahtera gemah ripah loh jinawi.

"Dipanjatkan pula doa agar perang antara Rusia dan Ukraina segera berakhir sehingga dunia ini diselimuti aura perdamaian. Meski lokasi perangnya jauh, namun perang Rusia dan Ukraina menimbulkan dampak bagi kita seperti harga BBM naik, harga bahan pangan naik," pungkas Mudarta.(BB).