Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya di Pura Sari Agung Pasek Bendesa Gelgel Desa Padangsambian Kelod

  30 Maret 2022 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket foto : Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri  Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Rsi Gana lan Caru Wraspati Kalpa di Pura Sari Agung Pasek Bendesa Gelgel, Banjar Batu Bolong, Desa Padangsambian Kelod, Desa Adat Kerobokan bertepatan dengan Rahina Pagerwesi, Rabu (30/3).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Rsi Gana lan Caru Wraspati Kalpa di Pura Sari Agung Pasek Bendesa Gelgel, Banjar Batu Bolong, Desa Padangsambian Kelod, Desa Adat Kerobokan bertepatan dengan Rahina Pagerwesi, Rabu (30/3).

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi IV DPRD Bali, I Gusti Putu Budiarta, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Tananjaya Asmara Putra, Camat Denpasar Barat, IB Purwanasara, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, IB Alit Surya Antara, Perbekel Desa Padangsambian Kelod, I Gede Wijaya Saputra serta undangan lainya dengan tetap disiplin menerapakan protokol kesehatan.

Pelaksanaan karya diawali dengan pengilen Tari Rejang, Tari Baris dan Topeng Wali. Merdu suara tetabuhan Gambelan Gong, kekidungan serta denting genta menambah khidmat suasana. Rangkaian prosesi dipuput oleh Ida Pedanda Karang Tampakgangsul.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengharapkan dari pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Rsi Gana lan Caru Wraspati Kalpa di Pura Sari Agung Pasek Bendesa Gelgel dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat, utamanya krama pengempon.

“Pelaksanaan Yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat  beragama. Diharapkan upacara Yadnya ini dapat memberikan energi Dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali serta menetralisir hal- hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya” ujarnya

“Ini adalah bagian dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentunya kami berharap dengan upacara ini dapat memberikan manfaat baik secara sekala dan niskala bagi masyarakat,” imbuhnya

Sementara Pamucuk Karya, I Made Darpa mengatakan, seluruh rangkaian upacara telah dimulai sejak 17 Maret 2022 lalu yang diawali dengan upacara Ngatur Piuning Karya. Dilanjutkan dengan upacara Ngeruwak Genah pada 19 Maret 2022.

Pun demikian pada Senin 28 Maret 2022 dilaksanakan upacara Melasti. Dan Puncak Karya dilaksanakan hari ini Rabu (30/3) bertepatan dengan Hari Suci Pagerwesi. Sedangkan upacara Nyegara Gunung akan dilaksanakan pada Sabtu 16 April 2022 mendatang.

“Tentunya selaku panitia dan masyarakat pengempon Pura Sari Agung Pasek Bendesa Gelgel, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam pelaksanaan karya ini,” ujarnya (BB)