Pemkab Jembrana Gelar Puncak Pujawali di Pura Alas Purwo

  30 Maret 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Puncak Pujawali Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Banyuwangi berlangung khidmat pada.Puncak Pujawali yang bertepatan dengan rahina pagerwesi, turut menghaturkan bhakti pujawali jajaran Pemkab Jembrana dipimpin Sekda Jembrana I Made Budiasa. Tampak hadir, saat  puncak pujawali Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah. Rabu (30/3).

Pujawali dipura yang terletak ditengah tengah areal taman nasional alas purwo ini diawali dengan prosesi ngebeji ida betare menuju pantai yang berdekatan dengan dari lokasi pura. Prosesi ini juga diikuti sekda I Made Budiasa bersama jajaran pimpinan OPD nyunggi Ida Betara hingga seluruh rangkaian puncak pujawali tuntas.

Pujawali ini dipadati pemedek yang merupakan umat Hindu Banyuwangi serta dari Provinsi Bali. Tidak hanya itu, juga hadir pemedek dari kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Wabup Banyuwangi Sugirah menyambut baik pelaksanaan pujawali serta mendoakan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Menurutnya, selama ini Umat Hindu Banyuwangi dikenal rukun dan harmonis.

"Kami turut mendoakan agar semua prosesi pujawali berlangsung lancar. Kita turut bahagia, karena tidak hanya kelancaran pelaksanaan pujawali juga turut mendongkrak wisatawan datang ke Banyuwangi. Kita lihat hotel hotel penuh. Ini patut disyukuri guna mendukung Banyuwangi Bangkit," ujar Sugirah.

Keberadaan pura alas purwo juga selama ini disebutnya mendukung pariwisata Banyuwangi khususnya di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.

Sementara Sekda Jembrana I Made Budiasa persembahyangan pada pujawali ini rutin dilaksanakan, selain untuk melaksanakan persembahyangan agar senantiasa diberikan tuntunan, keteduhan kepada umatnya.

"Pelaksanaan bhakti pujawali dengan mengajak segenap OPD ini bertujuan untuk mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, damai  dan dijauhkan dari musibah serta memohon kerahayuan dan keselamatan," kata Budiasa.

Menurut Ketua Panitia Eka Widaningsih Pelaksanaan rangkaian piodalan dimulai dari hari Selasa sd Sabtu, 29 Maret sd  2 April 2022. "Hari Selasa kita melaksanakan matur piuning kemudian Rabu puncak karya, Kamis Jumat nganyarin sampai pada hari sabtu nyineb karya. Pandita yang muput Ida Bopo Pandita Giri Dharma Arsa dari Griya Kecamatan Purwoharjo,"pungkasnya. (BB)