Pemkab Jembrana Ngaturang Ngayah Pengayar di Pura Ulun Danu Batur

  27 Maret 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Rombongan Pemkab Jembrana ngaturan sembah bakti di Pura Ulun Danu Batur

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan Bhakti Penganyaran serangkaian Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur pada Minggu (27/3/2022) bertepatan dengan Redite Paing Sinta. 

Bhakti penganyar Pemkab Jembrana dipimpin secara langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Ketua TP. PKK Nyonya Candrawati Tamba. Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda I Made Budiasa, para asisten Sekda serta seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemkab Jembrana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Ditemui usai persembahyangan, Bupati I Nengah Tamba mengatakan pelaksanaan Bhakti Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.

“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur agar Beliau menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya. Semoga dengan dilaksanakan karya ini, gering agung pandemi covid-19 segera berakhir dan perekonomian Bali bisa berangsur pulih kembali,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengaku jika dibandingkan karya sebelumnya pemedek yang hadir untuk tangkil (hadir) ngaturang bhakti pada pujawali kali ini jauh lebih banyak. Hal ini menandakan betapa kerinduan masyarakat untuk bisa hadir langsung ngaturang sembah bhanti kehadapan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur.

"Astungkara, seluruh rangkaian pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur sampai nanti Ida Bhatara-Bhatari mesineb dapat berlangsung dengan lancar dan labda karya. Untuk masyarakat ngiring hadir ngaturang sembah bhakti namun begitu tetap mematuhi prokes," ungkapnya.

Sementara itu Jero Penyarikan Duuran Batur mewakili Pengemong Pura Ulun Danu Batur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana yang sudah melaksanakan bakti penganyar serangkaian Karya Ngusaba Kedasa tahun ini. Karya ngusaba kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Bangli sendiri sudah dimulai sejak tanggal (2/3) sampai dengan nanti tanggal (29/3/2022) tepatnya Anggara Wage Sinta, Ida Bhatari Katurang bhakti Ngeluhur/Masineb. Untuk puncak pujawali sendiri, sudah dilaksanakan pada tanggal (17/3) pada rahina purnamaning kedasa.  

"Ida Betara yang berstana di Pura Ulun Danu Batur adalah Ida Betara Dewi Danu yang diyakini menjadi sumber kehidupan dan kemakmuran masyarakat Bali khususnya masyarakat subak. Ngiring sareng-sareng ngerastiti bakti, semoga Ida Bhatara-Bhatari selalu memberikan anugrahnya sehingga kita kembali bangkit dan covid-19 segera sirna dari jagat Bali,” pungkasnya . 

Di akhir persembahyangan, Bupati Tamba menyerahkan punia diterima secara langsung oleh Jero Penyarikan Duuran Batur.(BB)