Uji Kemampuan Mahasiswa Sebelum Bersaing Secara Nasional, KUI Unud Gelar Interview Calon Kandidat IISMA 2022

  19 Maret 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Udayana menggelar kegiatan interview bagi mahasiswa calon kandidat Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2022 untuk menyeleksi sekaligus menguji kemampuan mahasiswa sebelum bersaing secara nasional untuk lolos IISMA 2022.

Interview ini dilakukan secara luring bertempat di International Office Denpasar yang diikuti oleh 31 mahasiswa dari berbagai fakultas di Unud. Dalam kegiatan ini koordinator KUI Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST., MT., M.Eng., IPM bertugas sebagai interviewer bersama Dr. Ni Made Swasti Wulanyani, S.Psi., M.Erg (Koprodi Psikologi Fakultas Kedokteran),  I Made Budi Arsika, SH., LLM (Dosen Fakultas Hukum) dan Arnantyo Naresyworo (CEO NIEC Bali).

Bagi mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos seleksi dari KUI Unud akan diberikan pembekalan dari KUI untuk melanjutkan pada tahap berikutnya. Mahasiswa yang lolos juga diarahkan untuk mendaftar dan membuat akun pada link https://site.iisma.id/ dan mengisi data diri kandidat.

Sebagai tambahan informasi terkait program IISMA 2022, dapat dijabarkan sebagai berikut :
Tips untuk lolos IISMA 2022 :

1. Kenali diri Identifikasi kekuatan dan kelemahan diri untuk menunjukkan dalam pembuatan esai dan curriculum vitae (CV).

2. Latih kemampuan berbahasa Inggris Berlatih berbahasa Inggris dengan giat dan rutin dapat membantu melewati tiap tahapan seleksi.

3. Susun strategi pilih universitas Lakukan riset tentang universitas yang akan dipilih. Pastikan universitas yang dituju memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai kemampuan diri.

4. Persiapkan diri untuk wawancara Poin penting saat seleksi wawancara, yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri agar membuat pewawancara terkesan.

Syarat pendaftaran Beasiswa IISMA 2022 :

1. Terdaftar sebagai mahasiswa S1 aktif pada perguruan tinggi yang diakui di Indonesia di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi selama program berlangsung.

2. Warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berdomisili di Indonesia dan tidak berkewarganegaraan ganda Tercatat sebagai mahasiswa pada semester 4 atau 6 pada saat mendaftar program IISMA 2022 Maksimal berusia 23 tahun pada 1 Juli 2022

3. Tidak pernah mengambil cuti kuliah selama studi sarjana

4. Tidak pernah mengikuti program mobilitas/pertukaran pelajar di luar negeri selama studi sarjana

5. Memiliki IPK minimal 3.0 (dari 4.0) dibuktikan dengan transkrip akademik terakhir

6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai dengan skor minimal IELTS 6.0, TOEFL iBT 78, atau Duolingo English Test 100

7. Dicalonkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik universitas asal.

8. Tidak menerima tunjangan hidup dari dana/beasiswa lain dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama Program IISMA

9. Tidak mengikuti program Kampus Merdeka lainnya bersamaan dengan Program IISMA

10. Tidak pernah mengikuti lebih dari 1 Program Kampus Merdeka sebelum Program IISMA

11. Tidak pernah melanggar aturan, norma, dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia Bersedia mengikuti tata tertib selama mengikuti IISMA.
Cara daftar Beasiswa IISMA 2022 :
Kunjungi laman https://site.iisma.id/ dan klik “Apply” pada bagian pojok kanan atas website Isi formulir berjudul “Student” dengan menuliskan alamat e-mail aktif, username, dan password.
Selanjutnya, klik “Register” Setelah mendaftar, lakukan login dengan memasukkan e-mail atau username dan password yang dibuat.
Kemudian, klik “Login” Selanjutnya akan diarahkan ke bagian Dashboard. Pada bagian ini, klik “Register Now” untuk mengisi data diri.
Data tersebut meliputi informasi personal, seperti NIK, NIM, tanggal lahir, dan sebagainya. Isilah data ini dengan sejujur-jujurnya
Selain mengisi data diri, pendaftar juga diminta mengunggah dokumen kemampuan berbahasa Inggris
Selanjutnya, jawab pertanyaan esai yang tersedia dengan jujur
Jika pendaftar merasa masih ada jawaban yang nanti ingin diganti, bisa menyimpan terlebih dahulu dengan klik “Save Draft”
Jika sudah yakin dengan semua jawaban, silakan kirim pendaftaran dengan klik “Submit” dan dilanjutkan “Save”
Setelah berhasil terkirim, pendaftar tidak bisa mengubah jawaban
Pendaftaran harus dikirim selambat-lambatnya 12 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Pendaftaran serta informasi lengkap tentang pendaftaran program beasiswa IISMA 2022 bisa dilihat secara lengkap di laman https://site.iisma.id/

Sumber: http://www.unud.ac.id