Dosen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP Unud Berhasil Buat Alat Pengendali Suhu, Kelembaban dan Intensitas Sinar Greenhouse

  07 Maret 2022 PENDIDIKAN Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Pengembangan Rancang Bangun Alat untuk monitoring kondisi iklim mikro dalam greenhouse yang dikendalikan dan dipantau menggunakan smartphone berbasis android dilakukan Tim Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana.

Rancang bangun alat ini dikembangkan oleh I Putu Gede Budisanjaya, S.TP., M.T. dan Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, M.P. yang merupakan dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem FTP Unud.

Pengembangan Rancang Bangun Alat ini bertujuan untuk membuat alat pengendali suhu, kelembaban dan intensitas sinar dalam greenhouse dengan menggunakan Arduino Mega 2560 dan beberapa Sensor yang nantinya diharapkan alat dapat mengendalikan on/off kipas exhauset, Led Fotosintesis dan Pompa air dalam greenhouse menggunakan relayboard.

Alat yang dikembangkan ini diharapkan dapat berguna bagi pengusaha tanaman dalam greenhouse sehingga kondisi iklim mikro dalam greenhouse tetap dapat terkendali secara otomatis dan dipantau dengan menggunakan smart phone berbasis android.

Dengan alat yang berhasil dikembangkan ini sehingga dimanapun user berada sepanjang memiliki koneksi internet user dapat memantau greenhouse mereka.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas664-Berbasis-Arduino-Dan-Android-Solusi-Pengendalian-Suhu-Kelembaban-Udara-dan-Cahaya-dalam-Greenhouse.html