Samakan Persepsi, Unud Sosialisasikan SIM MBKM Bagi Mahasiswa Secara Daring

Baliberkarya.com-Denpasar. Universitas Udayana (Unud) menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen MBKM secara daring bagi mahasiswa melalui aplikasi Cisco Webex, Selasa (1/3/2022). Sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, para pimpinan fakultas, Ketua USDI dan tim, Koordinator MBKM dan jajaran BKM Unud.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan MBKM ini sangat penting artinya bagi sebuah perguruan tinggi sehingga perlu dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait proses pendaftaran, penentuan mata kuliah maupun permasalahan yang mungkin muncul, sehingga mahasiswa dapat terfasilitasi mengikuti program ini.

“Universitas harus memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti MBKM. Peran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam hal ini, dimana minimal 20 SKS. Untuk itu akan didorong agar semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam MBKM dan memperoleh prestasi,” ujarnya.

Di samping itu, sudah ada Peraturan Rektor dan Permendikbudristek yang mengatur hal ini sehingga wajib difasilitasi. Selain mendukung capaian IKU, MBKM dan prestasi mahasiswa juga menunjang SIMKATMAWA. Sudah ada kebijakan merekrut siswa berprestasi untuk mendongkrak jumlah prestasi mahasiswa. Melalui sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa tidak menemukan masalah dikemudian hari dalam mengikuti program MBKM.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam sambutannya membuka acara menyampaikan tujuan sosialisasi ini tentunya memfasilitasi mahasiswa yang berminat ikut program MBKM sehingga bisa terdata dengan baik dan memudahkan pelaksanaan program MBKM ini.

“Sudah disiapkan SOP oleh Tim MBKM yang diterjemahkan oleh tim USDI dalam sebuah sistem informasi untuk memudahkan pelaksanaan program MBKM yang disosialisasikan kali ini,” ungkapnya.

Di samping program MBKM dari Kementerian juga ada program mandiri dari UNUD yang diharapkan dapat divalidasi oleh kementerian sehingga dapat mengoptimalkan jumlah mahasiswa yang mengikuti program MBKM.

“Sudah banyak mahasiswa yang berpartisipasi namun banyak yang gugur di tengah jalan sehingga perlu disamakan persepsi melalui kegiatan ini. Sistem yang dikembangkan agar dicermati bersama. Melalui kegiatan ini akan diberikan pemahaman oleh Koordinator MBKM dan tim USDI,” sambungnya.

Materi yang disampaikan dalam sosialisasi, yakni SOP Pelaksanaan Kegiatan MBKM di Universitas Udayana oleh Dr. Ir. I Ketut Sardiana selaku Koordinator MBKM UNUD dan Sistem Informasi Manajemen MBKM oleh I Putu Gede Hendra Suputra, S.Kom.,M.Kom dari USDI serta selaku moderator Dr. Sagung Chandra Yowani, S.Si, Apt., M.Si.

Dalam materi disampaikan pendataan program MBKM dan sisi teknis serta alur yang dilalui mahasiswa yang akan mengikuti program MBKM melalui SIM MBKM. Sosialisasi ini juga dapat disaksikan kembali pada akun Youtube UdayanaTV.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4383-Universitas-Udayana-Gelar-Sosialisasi-SIM-MBKM-Bagi-Mahasiswa-Secara-Daring.html


TAGS :

Komentar