Pelajaran Lapangan Mata Kuliah Meteorologi Laut, Mahasiswa FKP Unud Kunjungi BPPIKHL

  25 Februari 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana pada hari Selasa, 22 Februari 2022 melaksanakan kunjungan ke Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) wilayah Jawa Bali Nusra yang berlokasi di Suwung Kauh, Denpasar.

Kunjungan ini sebagai bagian dari pembelajaran lapangan pada mata kuliah Meteorologi Laut. Mahasiswa yang hadir pada kuliah lapangan ini adalah mahasiswa semester 2 dengan jumlah sebanyak 51 orang. Untuk mengurangi terjadinya kerumunan yang berlebihan, kuliah lapangan ini dibagi menjadi 2 sesi.

Made Suartana, S.Hut selaku Humas BPPIKHL Jawa Bali Nusra menyambut sekaligus memberikan materi yang berkaitan dengan Perubahan Iklim dan Konservasi Mangrove. Pada sesi tersebut, mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai biodiversitas mangrove serta langkah-langkah yang dilakukan dalam bentuk konservasi.

Tidak hanya itu, mahasiswa FKP Unud juga mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung biorama yang berisi informasi mengenai manfaat dari ekosistem mangrove, produk olahan mangrove, serta ekosistem lainnya yag bersimbiosis dengan mangrove itu sendiri.

Dr. Abd. Rahman Assyakur, SP, M.Si selaku dosen FKP Unud yang ikut mendampingi proses perkuliahan lapangan berharap dengan adanya kunjungan ini, mahasiswa dapat merasakan dan melihat langsung proses-proses pekerjaan yang dilakukan di BPPIKHL dalam bidang konservasi mangrove.

“Mangrove adalah salah satu ekosistem yang berperan penting dalam menunjang keberlangsungan ekosistem pesisir. Keterpaparan mahasiswa dalam melihat langsung proses yang dilakukan dalam konservasi mangrove sangat penting dalam pembelajaran. Ini akan memberikan gambaran langsung kepada mahasiswa dalam menambah wawasan yang sudah didapatkan di kampus dalam bentuk teori,” tutupnya.

Dengan perkuliahan langsung di lapangan ini, mahasiswa FKP Unud diharapkan ikut ambil bagian dalam mempelajari, memahami, dan menjaga kelestarian ekosistem laut melalui upaya konservasi mangrove.(BB). 
Sumber: http://www.unud.ac.id