Ribuan Bibit Pohon mangrove Dari CSR Pertamina Ditanam Bupati Tamba dan Wabup Ipat di Budeng

  26 Februari 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : penanaman bibit pohon mangrove oleh bupati tamba dan wabup ipat di Budeng

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Peringatan setahun Tamba Ipat memimpin , diawali dengan penanaman bibit mangrove di desa Budeng Kecamatan Jembrana, sabtu (26/2/2022). Sebanyak 50 rb bibit ditanam, bantuan CSR dari PT Pertamina. Peruntukannya untuk Kelompok Tani Wana Merta Desa Budeng dan Kelompok Tani Lindu Segara Tanjung Pesisir Desa Tuwed.

Bupati Tamba mengatakan bantuan bibit yang ditanam difasilitasi komisaris utama PT Pertamina, Basuki Tjahaya Purnama ( Ahok). Selain bibit , juga dibantu biaya pemeliharaan , sehingga total bantuan yang diserahkan sebesar Rp 1,5 milyar.sejumlah Rp. 945.000.000 untuk kelompok Tani Hutan Wana Merta Desa Budeng dan Rp. 405.000.000 untuk Kelompok Tani Lindu Segara Tanjung Pesisir Desa Tuwed Kecamatan Melaya .

"Saya berterimakasih atas bantuan CSR yang difasilitasi Pak Ahok. Ini salah satu kegiatan kita untuk pelestarian tanaman mangrove. Mangrove ini menjadi trend Nasional dan Internasional apalagi di G20 . Ini menjadi salah satu bagian dari pada kunjungan delegasi," kata Bupati.

Bupati berharap  bantuan CSR ini dimanfaatkan  seluruh kelompok dengan benar dan betul jangan sampai ada penyimpangan."  Karena tidak hari ini saja bantuan itu akan kita minta kepada PT Pertamina. Ini akan menjadi penyambung dan menjadi komunikasi yang baik dengan Komisari Utama PT Pertamina Pak Ahok," tegasnya.

Kepada kelompok ia juga berharap bibit yang sudah ditanam ini bisa dipelihara dengan baik."Kalau nanti mangrove ini sudah tumbuh bagus, mudah mudahan beliau ( Ahok) sempat ada waktu berkunjung dan melihat hasilnya. Kedepan ,tidak hanya mangrove tapi diberikan  bantuan lain sifatnya pemberdayaan. Mungkin kuliner warga,  pemberdayaan kepiting dan lain-lain," kata Tamba.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa mengatakan, bantuan dari pertamina ini turun, berdasarkan dari proposal yang diajukan bupati Jembrana.

Berdasarkan proposal itu sudah ditentukan bahwa bantuan ini akan jatuh kepada dua kelompok petani hutan yang ada di wilayah jembrana untuk pengembangan mangrove dan upaya untuk pengembangan destinasi pariwisata. 

Adapun kelompok tersebut adalah Kelompok Wana Merta Desa Budeng dan Kelompok Wana Merta Desa Tuwed. "Bantuan untuk dua kelompok senilai Rp 1,5 milyar, sudah termasuk biaya pembelian bibit, penanaman bibit, dan pemeliharaan bibit selama enam bulan. Jadi untuk biaya pemeliharan satu bibit ini sekitar 25.000 selama enam bulan," jelas Ari Candra.

Tidak hanya dilahan hari ini, Kelompok-kelompok petani ini sudah memetakan lokasi lokasi yang memang belum ada tanaman bakaunya. "Secara umum di Jembrana luasan mangrove itu ada 600 ha yang nanti akan kita tanami dari bantuan CSR PT Pertamina Persero ini. Lokasi lokasi kosong tersebut akan ditanami oleh teman teman kelompok sehingga nanti kedepan kita harapkan akan menjadi sebuah hutan bakau abadi di Jembrana," tandasnya. (BB)