Prodi Sastra Inggris FIB Unud Gelar Inauguration Day of English Department Students 2022

Baliberkarya.com-Denpasar. Program Studi Sastra Inggris FIB Unud menggelar hari puncak Inauguration Day of English Department (INDEED) pada hari Sabtu, 12 September 2022 di Auditorium Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Jumlah peserta dari INDEED tahun ini adalah 201 orang.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum, Koordinator Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum, Pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, I Gusti Ngurah Parthama, SS.,M.Hum.

Turut pula hadir ketua organisasi mahasiswa seperti Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Agenda diawali dengan laporan oleh ketua panitia, lalu dilanjutkan dengan sambutan yang dilakukan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Koordinator Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya, dan Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Budaya yang dilanjutkan dengan pembukaan acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong dan pemasangan nametag kepada korti angkatan 2021.

Inauguration Day of English Department Students merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris yang diadakan setiap tahun. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan program studi Sastra Inggris kepada mahasiswa baru, memperkenalkan Himpunan Mahasiswa, menumbuhkan semangat kekeluargaan, toleransi, serta solidaritas, dan melantik mahasiswa baru Sastra Inggris.

Tahun ini INDEED mengambil tema ‘INDELIBLE’ (Insight, Dedication, and Impeccable), dengan sub-tema ‘Becoming a Dedicated Agent of Change with Remarkable Insight through Inauguration Day of English Department Student.” Tema ini diangkat atas dasar keinginan untuk menciptakan masa orientasi yang mampu memantik semangat dan dedikasi generasi muda. Lebih jauh harapannya adalah untuk memberikan wawasan baru sehingga dapat memberikan manfaat pada diri sendiri dan orang lain.

INDEED 2022 mengambil konsep hybrid, dimana terdapat perwakilan peserta dari masing-masing kelompok yang datang ke lokasi acara berlangsung dan sebagian yang lainnya menghadiri rangkaian acara secara daring.

Adapun rangkaian acara INDEED 2022 di antaranya adalah Pertemuan Peserta (PETA) yang telah diadakan pada 15 Januari 2022, pelaksanaan program 4P (Pembersihan, Penanaman, Pengadaan, dan Pengajaran) diadakan pada 5 Februari 2022. Untuk pembersihan, penanaman, dan pengadaan telah diadakan di Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri yang terletak di Desa Buruan, Gianyar.

Sedangkan untuk pengajaran dilakukan secara simbolis kepada SD N 3 Buruan dikarenakan surat edaran terkait kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Bali sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. INDEED 2022 juga turut mengadakan ramah tamah bersama bendesa adat dan I Made Irawan sebagai pembicara dimana kegiatan ini membahas tentang sejarah atau asal usul dari Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri.

Pada puncak acara diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya pemaparan materi oleh Koordinator Program Studi Sastra Inggris, talkshow Ketua HMPSSI, penayangan tiga video inaugurasi terbaik, ramah tamah, pemutaran hasil dokumentasi 4P, video perkenalan panitia, penyerahan tugas angkatan, dan pengumuman juara-juara terbaik.

Sampailah INDEED 2022 di agenda acara terakhir, yaitu penutupan. Penutupan dilakukan oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris yang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasn nametag korti angkatan 2021.(BB).

Sumber: http://www.unud.ac.id


TAGS :

Komentar