Pakai Gadget, Gunakan Komunal DepositoBPR Untuk Layanan Deposito Bunga Lebih Tinggi dengan Cara Mudah dan Aman

  15 Februari 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Seiring kemajuan dan tuntutan jaman mendorong berbagai sektor kini beralih ke sistem digitalitasi. Bahkan, dengan adanya digitalitasi layanan perbankan, masyarakat kini semakin dimudahkan dalam segala urusan. Termasuk untuk urusan deposito kini makin mudah dan simple karena bisa lewat gadget dengan sekali klik.

Hebatnya, hadirnya digitalitasi membuat layanan deposito di Bank Perkreditan Rakyat atau BPR (deposito BPR) yang dihadirkan oleh perusahaan fintech Komunal melalui Komunal DepositoBPR yang bisa diakses melalui depositobpr.id.
Komunal DepositoBPR menjadi semacam market place bagi layanan deposito BPR yang mempermudah masyarakat dan khususnya juga menyasar generasi milenial untuk bisa melakukan deposito secara online cukup lewat gadget dari mana saja dan kapan saja.

Bahkan layanan Komunal DepositoBPR ini juga semakin masif disosialisasikan di kalangan generasi muda seperti yang dilakukan dalam Gathering KOL dan Sosialisasi Komunal DepositoBPR di Studio (Theater) 1, Level 21 Mall, Denpasar, Selasa, 15 Februari 2022.

Dalam sosialisasi di kalangan generasi muda ini, tampak hadir Co-Founder Komunal Indonesia Rico Tedyono yang juga Direktur Operasional Komunal Fintech, Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto, Ketua DPD Perbarindo Bali Ketut Wiratjana serta generasi milenial dari Bali.

Dalam paparannya, Co-Founder Komunal Indonesia Rico Tedyono yang juga Direktur Operasional Komunal Fintech mengungkapkan Komunal kini menjangkau Mitra BPR dan merangkul deposan dimanapun berada untuk membangun negeri. Dengan mengusung spirit “Mari Tumbuh Bersama Komunitas” Komunal melalui Komunal DepositoBPR membantu komunitas dalam pembukaan deposito BPR dimanapun dengan mudah dan nyaman.

Komunal DepositoBPR merupakan platform aggregator pertama di Indonesia yang menghubungkan penggunanya dengan lebih dari 1500 produk DepositoBPR. Komunal DepositoBPR menjembatani para Mitra BPR yang mencari nasabah untuk pembukaan rekening deposito dengan para Deposan yang ingin melakukan pengembangan dana atau investasi melalui Deposito BPR.

“Komunal DepositoBPR menjadi platform yang ingin membantu pemilik dan direksi BPR mendekatkan layanan ke milenial. Komunal menjadi semacam market place, dianalogikan seperti BPRpedia, market place untuk layanan BPR khususnya deposito,” ucap Rico.

Menurut Rico, hingga saat ini, dari total 135 BPR di Bali sebanyak 23 BPR sudah bekerjasama dengan Komunal sehingga nasabah bisa melakukan deposito secara online lewat depositobpr.id. Komunal DepositoBPR juga membantu pemerataan ekonomi di lapisan masyarakat dan memberikan rasa aman dalam pelayanan deposito secara digital.

Komunal DepositoBPR menjembatani masyarakat luas dengan BPR untuk pembukaan deposito dari mana saja dan kapan saja. Lewat platform depositobpr.id, penempatan deposito secara online bisa dilakukan secara online tanpa ke kantor BPR.

“Komunal Deposito BPR menghubungkan BPR dengan seluruh deposan di nusantara dimana UMKM mendapatkan pendanaan lebih mudah dan BPR berkembang lewat digitalisasi,” jelas Rico.

Canggihnya, Komunal Deposito BPR memberikan solusi untuk pembukaan deposito hanya dengan 1 kali klik di smartphone. Serta banyak keuntungan yang didapat dengan membuka deposito di Komunal. Pertama bunga lebih besar dibandingkan bank umum. Bunga di Komunal Deposito BPR lebih besar bunga hingga 6 persen dan bisa dibuka dimana saja.

"Kedua, seluruh pendanaan berupa deposito BPR dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ketiga, aman dan nyaman, transaksi 100 persen cukup di rumah saja," terang Rico.

Kehadiran Komunal DepositoBPR ini tentu saja disambut baik Ketua DPD Perbarindo Bali Ketut Wiratjana. Tentu saja kemunculan platform Komunal DepositoBPR ini menjadi kabar baik bagi BPR. Baginya Wiratjana, hal ini akan mempercepat digitalisasi layanan BPR dan mendekatkan BPR ke masyarakat khususnya milenial.

"Kehadiran Komunal membawa energi positif bagi BPR dan digitalisasi jadi model pelayanan baru penempatan deposito. Dimana yang awalnya harus datang ke bank, sekarang bisa dari mana saja dan dimana saja. Deposito di BPR lewat Komunal semudah belanja online. Masyarakat milenial lebih dekat dengan pelayanan digital BPR," ungkapnya.

Hingga saat ini, Wiratjana mengatakan di Bali total ada 134 BPR dengan total aset mencapai Rp 18 Triliun, penyaluran kredit mencapai Rp 11,5 Triliun dan Dana Pihak Ketiga Rp 13,5 Triliun.

"Di Indonesia ada dua bank yakni bank umum dan BPR yang sama-sama dijamin LPS, artinya bank di Indonesia aman dan selalu diawasi OJK," kata Wiratjana.

Sementara, Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto mengapresiasi digitalisasi perbankan yang dilakukan Komunal yang juga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan, inklusi keuangan masyarakat dan mendukung inovasi digitalisasi layanan perbankan.

"Saya dukung transformasi digital layanan BPR lewat Komunal DepositoBPR ini," ucap Giri Tribroto.

Giri Tribroto menegaskan berbagai kebijakan telah dikeluarkan OJK untuk mendukung digitalisasi perbankan. OJK juga telah membuat Master Plan Jasa Keuangan Indonesia Tahun 2021-2025, mengeluarkan Blue Print Transformasi Digital Perbankan serta Road Map pengembangan BPR dan BPRS untuk lebih adaptif hadapi perubahan industri ke depan.

“Harapannya jangan sampai likuiditas BPR semakin kering. BPR sekarang bersaing 'head to head' dengan bank umum yang gencar menyalurkan KUR,” ujar Giri Tribroto mengakhiri.(BB).