Tingkatkan Kompetensi, Magister Kimia Unud Jajagi Kerja Sama dengan PT Karya Pak Oles Tokcer

Baliberkarya.com-Buleleng. Untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman belajar mahasiswa langsung di dunia kerja, Program Studi Magister Kimia Fakultas FMIPA Universitas Udayana melakukan kunjungan penjajagan kerjasama ke PT Karya Pak Oles Tokcer di Desa Bengkel, Kecamatan Busung Biu Kabupaten Buleleng, 29 Januari 2022.

Kegiatan penjajagan kerjasama yang dihadiri oleh Koordiantor Program Studi - Dr. Drs. I Gusti Agung Gede Bawa, M.Sc., beserta para dosen, dan 25 orang mahasiswa Program Studi Magister Kimia FMIPA Universitas Udayana ini diterima langsung oleh Kepala Instalasi pengolahan Sumber Daya Alam (IPSA) PT Karya Pak Oles Tokcer Bapak Ketut Jadiasa, beserta jajarannya di Aula Pelatihan IPSA PT Karya Pak Oles Tokcer Buleleng.

Dalam sambutannya, Agung Bawa sebagai perwakilan Universtasi Udayana menyampaikan ucapan terima kasihnya karena Prodi S2 Kimia Unud telah diberi kesempatan mengunjungi PT. Karya Pak Oles Tokcer. Agung Bawa juga menyampaikan bahwa Perkembangan pendidikan yang sangat dinamis membutuhkan link and match dengan industri atau dunia kerja.

Terlebih saat ini sedang digalakkan pelaksanaan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dimana kita harus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa menimba pengetahuan dan praktek di dunia industri agar mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja, sehingga fakta ini mengharuskan Dunia Pendidikan melakukan kemitraan dengan dunia industri.

Menimpali sambutan dari Agung Bawa, Kepala IPSA PT Karya Pak Oleh Tokcer, Ketut Jadiasa, menyambut baik Kunjungan dan penjajagan kerja sama dari Program Studi Magister Kimia FMIPA Universitas Udayana ini dan menekankan pentingnya dunia pendidikan terhadap perkembangan dunia industri.

Dimana hasil-hasil riset-riset yang dihasilkan dunia pendidikan diharapkan dapat bermanfaat dan tentunya dapat diimplementasikan di dunia industri. PT. Pak Oles Tockcer yang bergerak dibidang produk Jamu sangat berkepentingan dengan riset-riset pemanfaatan tanaman obat sebagai bahan baku jamu.

Selanjutnya Endah Widyowati, S.Si, Apt perwakilan dari PT Karya Pak Oles Tokcer, mahasiswa diberi penjelasan detail mengenai bahan baku, proses, pengemasan, dan distribusi produk-produk PT Karya Pak Oles Tokcer, diantaranya yang paling terkenal yaitu Minyak Oles Bokashi, berbagai produk teh herbal dan madu, serta produk effective microorganism (EM).

Mahasiswa juga diajak melihat langsung, mengenal, dan mengamati berbagai jenis tanaman bahan baku jamu, mengamati proses pengeringan simplisia yang nantinya diproses untuk dijadikan berbagai teh herbal, campuran madu, dan juga untuk bahan aktif dalam pembuatan minyak bokashi.

Lebih lanjut, mahasiswa dapat mengamati proses maserasi dan penggunaan teknologi EM, pencampuran dengan minyak atsiri sampai proses pengemasan produk pada pembuatan minyak bokashi. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatakan kompetensi dan pengalaman belajar mahasiswa sehingga dapat lebih memahami teori dan praktek laboratorium yang telah diperoleh selama di kampus dengan melihat aplikasinya secara langsung di lapangan.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas581-Tingkatkan-Kompetensi-Mahasiswa-Magister-KIMIA-UNUD-Jajagi-Kerjasama-dengan-PT-Karya-Pak-Oles-Tokcer.html


TAGS :

Komentar