Penguatan Sistem Penjaminan Mutu di Fakultas Teknik, UP3M FT Unud Gelar Pelatihan SPMI

  01 Februari 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) Fakultas Teknik Universitas Udayana menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi Koordinator Program Studi dan Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM) di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana yang berlangsung secara luring dengan protocol kesehatan ketat pada hari Jumat 28-29 Januari 2022 di ruang Wiswakarma Gedung C Kampus Sudirman-Denpasar.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan memanjatkan Doa. Selanjutnya, Ketua panitia kegiatan yang juga merupakan ketua UP3M-FT Unud, Dr. Wayan Nata Septiadi, ST., MT. menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan penguatan sistem penjaminan mutu ke seluruh jenjang mulai dari tingkat Program Studi sehingga berimbas pada Fakultas Teknik dan Universitas Udayana.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, ST, Ph.D. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai standar yang telah ditetapkan Universitas Udayana dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Standar ini harus diketahui dan dipahami oleh seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik. Momen ini penting mengingat seluruh koprodi di lingkungan Fakultas Teknik baru dilantik pada tanggal 19 Januari 2022.

Untuk itu, Dekan Fakultas Teknik meminta seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius untuk memperkuat paradigma penjaminan mutu di Fakultas Teknik.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yaitu pertama, Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Dharmawan, M.Si menyampaikan materi Kebijakan Nasional SPM Dikti dan SPMI, dan Kebijakan SPMI Unud, Manual SPMI Unud, Standar Unud dan Formulir Unud. narasumber kedua, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par, M.Par. membawakan materi Implementasi SPMI, dan SPMI dalam kaitannya dengan SPME. Pemaparan materi dan diskusi dalam pelatihan ini dipandu oleh yang dipandu oleh Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST, SDs, MA, IPU, ASEAN-Eng.

Pada akhir acara, kegiatan pelatihan ini ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Fakultas Teknik, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST, MASc, PhD., menyampaikan apresiasi kepada kedua narasumber yang telah berpengalaman dan memiliki komitmen yang kuat terhadap penjaminan mutu.

Selanjutnya, terimakasih disampaikan kepada panitia pelaksana dan keseriusan seluruh peserta pelatihan ini dengan harapan sistem penjaminan mutu tersebut dapat diterapkan dengan baik. Terakhir, ditegaskan bahwa Pelatihan SPMI ini sebagai dasar untuk dapat mengikuti TOT Auditor Mutu Internal.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas577-Dalam-Upaya-Penguatan-Sistem-Penjaminan-Mutu-di-lingkungan-Fakultas-Teknik-UP3M-FT-Unud-Mengadakan-Pelatihan-Sistem-Penjaminan-Mutu-Internal-SPMI-.htm