Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Unud Gelar SUKMA

Baliberkarya.com-Jimbaran.Pada 27-28 Januari 2022, telah dilaksanakan program kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana, yaitu Sidang Umum Keluarga Mahasiswa (SUKMA) yang bertemakan Landasan yang Kuat demi Terwujudnya Keluarga Mahasiswa yang Berkompeten dan Berintegritas.

SUKMA adalah program kerja tahunan yang mana pada kepengurusan periode 2021 ini SUKMA 2021 bertujuan untuk membahas AD/ART Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana periode 2022 setahun ke depan dan melantik fungsionaris DPM dan BEM Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas periode 2022.

Acara yang diselenggarakan dua hari di Gedung AE, Lantai 1, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Bukit, Jimbaran ini dihadiri oleh Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Ketua DPM  Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana periode 2021 dan 2022, Ketua BEM Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana periode 2021 dan 2022, seluruh fungsionaris DPM dan BEM Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana periode 2022, serta empat mahasiswa undangan di luar kedua lembaga.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, SUKMA 2021 diselenggarakan secara luring atau langsung selama 2 hari dengan agenda pembahasan AD/ART pada hari pertama dan pelantikan fungsionaris DPM dan BEM Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas periode 2022 pada hari kedua dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, yaitu wajib menggunakan masker, memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruangan, dan membatasi jumlah peserta serta jarak antar peserta.

Kegiatan pada pagi hari tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPM periode 2021 dengan ketukan mic sebanyak tiga kali dan sambutan sebelumnya. Dalam sambutannya, Ketua DPM menyampaikan harapan semoga kegiatan SUKMA 2021 dapat menghasilkan pedoman dasar yang baik bagi kedua lembaga dalam kepengurusannya selama satu tahun ke depan.

Diharapkan juga agar peserta sidang dapat beradu argumen secara kondusif, beretika, dan mengutamakan kebaikan bersama agar terciptanya Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana yang berintegritas dan berkompeten baik di lingkungan Universitas Udayana maupun luar kampus.

Kegiatan pada hari pertama ini pun terlaksana dengan enam agenda, antara lain pembukaan, doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Udayana dan Fapet Jaya, sambutan-sambutan, persidangan, dan penutup. Pada persidangan, dilakukan pra-sidang untuk menetapkan aturan sidang dan sidang pleno yang membahas AD/ART lembaga periode 2022 hingga sore hari.

Di hari kedua, SUKMA 2021 melaksanakan pelantikan fungsionaris DPM-KM periode 2022 dan BEM-KM 2022 oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P., pelantikan bidang DPM KM Fapet 2022 oleh sekretaris jenderal DPM-KM 2022, pelantikan badan kelengkapan BEM-KM Fapet 2022 oleh ketua BEM-KM 2022, penandatanganan dan serah terima jabatan dari ketua DPM-KM 2021 ke ketua DPM-KM 2022 juga ketua BEM-KM 2021 ke ketua BEM-KM 2022, last speech oleh Ketua BEM-KM Fapet 2021, last speech oleh Ketua DPM -KM Fapet 2021, first speech oleh Ketua BEM-KM Fapet 2022, first speech oleh Ketua DPM-KM Fapet 2022, dan diakhiri dengan penutupan oleh Wakil Dekan III.

Pada penutupan ini, Ketua DPM berharap agar fungsionaris periode 2022 dapat mengedepankan dan mencetak lebih banyak prestasi mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana baik pada bidang akademis maupun nonakademis.

Kegiatan yang diajukan pun akan didukung secara positif oleh fakultas. Ia pun berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku agar kita semua dapat terhindar dari pandemi Covid-19 yang masih mewabah saat ini.

Kepanitiaan pada SUKMA 2021 ini dipersiapkan dengan baik oleh 36 orang panitia yang terdiri dari 4 orang Inti dan 6 sie, antara lain 6 orang sie Acara, 5 orang sie Kesekretariatan, 4 orang sie Hubungan Masyarakat (Humas), 5 orang sie Konsumsi dan Kerohanian (Konsumroh), 4 orang sie Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi (PDD), dan 8 orang sie Keamanan, Perlengkapan dan Transportasi (Kampertrans) dengan 1 koordinator pada tiap sie masing-masing. Walaupun terdapat kendala dan kesalahan yang terjadi selama acara berlangsung tetapi SUKMA 2021 berhasil terlaksana dengan baik dan tujuan dari acara ini dilaksanakan dapat dicapai.

Landasan yang Kuat demi Terwujudnya Keluarga Mahasiswa yang Berkompeten dan Berintegritas ini diharapkan dapat terwujud dan membawa harapan baru pada Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas di kepengurusannya selama satu tahun ke depan.

"Tidak hanya untuk peserta kegiatan, diharapkan pula evaluasi kegiatan yang telah dilakukan semoga dapat menjadi pembelajaran bagi tiap panitia pelaksana dan tidak terulang kembali di kepanitiaan selanjutnya, terutama pada kegiatan SUKMA 2022 tahun depan," harap Elisabeth Enjelina Tampubolon selaku ketua panitia SUKMA 2021. Sumber: http://www.unud.ac.id (BB). 


TAGS :

Komentar