Lepas Pantauan Orang Tua, Anak Umur 3.5 Tahun Kecebur ke Sumur

Ket poto : Sumur tua tempat anak perempuan jatuh

Baliberkarya.com - Jembrana, Lepas pantauan dari ibu dan ayahnya seorang anak perempuan yang berumur 3,5 tahun berinisial APDA jatuh ke sumur yang lama tidak digunakan menyebakan benjolan didahi dan luka terbuka di kepalanya.

Korban merupakan anak dari pasutri I Gusti Ngurah Budi Aryawan (40) dengan Ni Putu Astiti (20) beralamat Banjar Sumbersari, Desa sumbersari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Beruntung anak tersebut pintar dan mau menuruti intruksi orangtuanya sehingga bisa terselamatkan.

Sebelumnya, anak perempuan yang masih berumur 3,5 tahun tersebut sedang bermain di halaman, sedangnkan ibunya Putu Astiti sedang menyapu di halaman rumah sedangkan suaminya sedang mandi di kamar mandi, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 wita sore hari.

Saat dikonfirmasi awak media, Kapolsek Melaya Kompol I Made Katon membenarkan kejadian tersebut, dirinya juga menuturkan, informasi dari kedua orang tuanya, anak tersebut sebelumnya masih di halaman rumah, sedangkan ibunya sedang nyapu dan ayahnya mandi di kamar mandi.

"Penuturan dari ibunya, saat dirinya sedang nyapu dihalaman, anaknya masih bermain di sekitar sumur, tanpa ada sedikit kecurigaan apa pun, dirinya mendengar suara terjatuh kedalam sumur. Saat terdengar suara tangisan anaknya, ibunya baru menyadari anakanya jatuh ke sumur," terangnya. Senin (24/1/2021).

Melihat anaknya kecebur ke sumur, lanjut Katon, ibunya langsung memberitahu suaminya yang sedang mandi di kamar mandi, dan selanjutknya minta pertolongan kepada warga dan melaporkan ke Polsek Melaya. "Atas informasi dari warga tersebut, kami langsung bersama anggota langsung meluncur ke lokasi," ucapnya.

Katon menambahkan, insiatif dari beberapa warga yang ikut menolong anak tersebut dengan mengulurkan tali kedalam sumur atas intruksi orang tuannya anak tersebut memegang tali dengan kuatnya lalu ditarik keatas. "Anak kecil tersebut selamat dan langsung dibawa ke Puskesma Melaya dan selanjutnya dirujuk ke RSzu Negara

Lebih jelasnya Katon mengatakan, menurut penuturan ibunya, ssumur tersebut kedalamannya sekitar 30 meter dan lubangnya tertutup kayu. "Kayu tersebut setelah diteliti memang kropos, dan sumur tersebut lama sudah tidak digunakan. Diperkirakan anak tersebut sebelum terjatuh, dia memanjat sumur dengan menaiki kayu penutup sumur yang sudah rapuh dan patah sehingga anak tersebut jatuh kedalam sumur," ujarnya.

Katon menghimbau bagi para orang tua yang mempunyai anak kecil harus ektra waspada setiap hari saat anak itu sedang main. "Namanya juga anak-anak, insting kepingintahuan mereka sangat tinggi, disini bagi orang tua harus ektra ketat dalam melindungi anak-anaknya. (BB)


TAGS :

Komentar