Spirit Kejayaan di Era Digital, SMK TI Bali Global Luncurkan Logo Baru Kobarkan Transformasi Menuju Internasionalisasi

Foto: (dari kanan ke kiri) Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si.,Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar I Made Marlowe Makaradhwaja, di sela-sela peluncuran logo baru SMK TI Bali Global di Kampus ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022).

Baliberkarya.com-Denpasar. Sekolah ternama di bidang IT Anggota Grup STIKOM Bali di bawah naungan Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar terus berinovasi dan bertransformasi serta menguatkan langkah menuju internasionalisasi.

Transformasi SMK TI Bali Global salah satunyadengan hadirnya logo baru bagi sekolah yang dikenal mampu menghadirkan lulusan mumpuni di bidang IT dan selalu cepat terserap di dunia kerja ini tanpa ada yang menganggur.

Logo baru SMK TI Bali Global ini resmi di luncurkan di Kampus ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022) dihadiri Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem, Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si.,Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar I Made Marlowe Makaradhwaja.

Awal tahun 2022 menjadi tahun yang penuh harapan, inovasi dan spirit kejayaan bagi SMK TI Bali Global yang kini memiliki logo baru dan melalui rebranding logo SMK TI Bali Global menjadikan sebagai jaman kejayaan di era digital saat ini.

Logo baru SMK TI Bali Global ini didominasi bentuk kurva. Perubahan logo dinilai sebagai upaya memelihara identitas sebagai gambaran visi dan misi lembaga pendidikan tersebut. Filosofi logo baru SMK TI Bali Global ini adalah falsafah dari Tri Hita Karana. 

"Logo baru SMK TI Bali Global ini mengandung inti hakekat atau tatanan filosofi, estetika dan makna atau arti sebuah lambang. Diperkuat lagi dengan trilogi pendidikan yang dikembangkan oleh ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani," kata Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Mandem di aula kampus ITB STIKOM Bali, Jumat, 21 Januari 2022.

Lebih jauh Prof. Made Bandem menjelaskan jika secara estetis logo baru SMK TI Bali Global diwujudkan dalam bentuk Tri Angga yang terdiri dari kepala, badan dan kaki. Selain itu, Prof. Made Bandem mengaku logo baru ini secara visual berupa nyala api, buku dan roda. 

"Pada bagian kepala merupakan simbol dari nyala api dengan sentuhan warna merah. Nyala api itu melambangkan semangat," jelas Prof. Made Bandem. 

Sementara jika di breakdown, sambung Prof. Made Bandem, kurva-kurva tersebut membentuk gambaran angsa, buku yang terbuka dan roda yang menjadi simbol teknologi. Dimana, Angsa melambangkan wahana atau kendaraan Dewi Saraswati atau Dewi ilmu pengetahuan.

"Dua buku yang terbuka melambangkan ilmu pengetahuan. Satu buku berwarna kuning berarti aman kejayaan atau golden age dan biru berarti kesuburan," tuturnya. 

Ketua Tim Pengembang SMK TI Bali Global Dadang Hermawan yang juga Rektor ITB STIKOM Bali mengungkapkan perubahan logo SMK TI Bali Global menjadi bagian transformasi besar sekolah ini dalam menjawab tantangan zaman dan kebutuhan di tengah masyarakat.

Logo baru ini akan digunakan oleh 7 SMK TI Bali Global yakni SMK TI Bali Global Denpasar, SMK TI Bali Global Singaraja, SMK TI Bali Global Badung, SMK TI Bali Global Karangasem, SMK TI Bali Global Jimbaran, SMK TI Bali Global Klungkung, SMK Pandawa Bali Global.

Dengan adanya logo baru, Dadang Hermawan berharap muncul semangat dan motivasi bagi para dosen, mahasiswa, guru dan siswa-siswi untuk belajar serta meningkatkan prestasinya menuju kebangkitan dan kejayaan di era digitalisasi. 

​​​​“Peluncuran logo ini juga bentuk edukasi masyarakat. Sekarang dan di masa depan adalah zaman IT, era digital dan SMK TI Bali Global, IT STIKOM Bali dan lembaga pendidikan lain di bawah STIKOM Group selalu berupaya menyiapkan SDM yang siap bersaing di era ini,” kata Dadang Hermawan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., menambahkan logo baru SMK TI Bali Global ini berikan semangat baru dan sekaligus juga mengusung spirit bahwa tidak boleh ada lulusan SMK yang menganggur. Sebab selama ini ada kesan penyumbang pengangguran terbesar lulusan SMK.

“Itu sudah kami patahkan itu. Lulusan SMK TI Bali Global kerja dalam dan luar negeri. Tidak ada lagi pengangguran, SMK juga mampu ciptakan lapangan kerja,” tegasnya.

Sedangkan, Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem menambahkan, pembuatan logo baru itu dilakukan melalui sayembara dengan peserta dari ITB STIKOM Bali. Dalam sayembara pembuatan logo itu ditekankan, para peserta harus melibatkan dosen dan mahasiswa atau siswa dan guru untuk peserta dari SMK TI Bali Global. 

Marlowe Bandem menyebut desain barunSMK TI Bali Global ini merupakan karya dari dosen ITB STIKOM Bali I Gede Harsemadi, ST., MT., dan mahasiswa dari ITB STIKOM Bali I Gusti Ayu Amalia Aryanti. 

"Awalnya diseleksi 10 desain, kemudian mengerucut jadi 3 desain dan akhirnya satu desain yang digunakan dan baru saja diluncurkan," terang Marlowe Bandem.(BB). 


TAGS :

Komentar