Kabupaten Bangli Kembangkan Pembangkit Listrik Surya Atap

Ket foto : Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta tandatangani kerjasama dengan PT. Solarion Energi Alam tentang pengembangan sumber energi terbarukan

Baliberkarya.com – Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melaksakan peresmian kesepakan bersama antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan PT. Solarion Energi Alam tentang pengembangan sumber energi terbarukan yang disaksikan oleh Deputi I Kementerian Koorditanor Maritim dan investasi RI Basilio Dias Araujo, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM, Direktur Utama PT. Solarion Energi Alam dalam hal ini dihadiri oleh Ari Takariyanto serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, di Ruang Rapat Krisna Kantor Bupati Bangli. Selasa, (18/01/2022)

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan pelaksanaan penanda tanganan MOU antara Pemkab Bangli dengan PT Solarion dalam hal komitmen, untuk pembangunan pembangit listrik tenaga surya atap. Untuk atap-atap gedung kantor di Kabupaten Bangli. Sejalan dengan visi dan misi dan juga dengan green energi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, dan juga Pemerintah Provinsi Bali. ”Mudah-mudahan awal ini adalah awal kita di Kabupaten Bangli untuk memulai bagaimana energi baru terbarukan sudah kita rancang di Pembangunan di Kabupaten Bangli,” ucapnya

Memang selama ini, lanjut Sang Nyoman, pihaknya sudah miliki PLTS Tenaga Surya dengan kekuatan 1 MHz yang bertempat di Bangklet. Pihaknya berharap setelah ini akan lakukan lebih detailnya lagi untuk segera ditindak lanjuti dengan perjanjian kerjasama. “Mudah-mudahan dari PT. Solarion yang sudah membangun di beberapa lokasi di Bali, san jugadi Kabupaten Bangli ini akan bisa segera terwujud.

Ia melanjutkan, Pemkab Bangli berkomitmen, dalam rangka penyelamatan lingkungan khusunya dengan menggunakan energi baru terbarukan. kerjasama yang diresmikan hari ini sangat memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Bangli. Selain manfaat efisiensi pengeluaran biaya listrik, manfaat yang paling penting adalah dukungan terhadap keberlangsungan lingkungan melalui energi bersih serta Pemerintah Kabupaten Bangli.

Sebagai pusat edukasi energi baru terbarukan baik bagi masyarakat maupun lembaga Pendidikan. Dengan dilaksanakannya kerjasama ini maka Pemerintah Kabupaten Bangli merupakan pemerintah daerah pertama di Provinsi Bali yang gedung kantornya memanfaatkan energi bersih. “Mulai hari ini pemasangan PLTS Atap akan diawali di Gedung Kantor Bupati Bangli, kedepannya akan diikuti oleh semua gedung bangunan milik Pemerintah Kabupaten Bangli. Seperti Gedung DPRD, RSU, Gedung Balai Latihan Kerja dan gedung Laboratorium Kesehatan dan Gedung Lainnya,” imbuhnya.

 

Sementara Deputi I Kementerian Koorditanor Maritim dan investasi RI Basilio Dias Araujo mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menyaksikan penanda tanganan kerjasama antara Bupati Bangli dengan pihak ke 3, dalam rangka pemasangan PLTS Atap di gedung, gedung pemerintahan yang ada di Kabupaten Bangli. “Saya melihat dengan kerjasama ini sangat bagus, karena Bupati Bangli sangat progresip untuk melihat bagaimana Kabupaten Bangli bisa mendukung target nasional, untuk komitmen nasional agar mencapai target zero ebision pada tahun 2060,” terangnya.

Ia manambahkan, kerjasama ini sangatlah bagus dan mudah-mudahan bisa ditiru oleh kabupaten-kabupaten lain, dan di Provinsi Bali khususnya, sudah sangat bagus karena gubernur sendiri sudah mempunyai sinergitas peraturan pemda. Khusus untuk mengusung program-program energi baru terbarukan. Terkait dengan president tower ini merupakan suatu konsep yang sangat bagus terkait dengan pariwisata di Kabupaten Bangli khususnya di Kintamani.

“Sebagai kabupaten yang membawahi daerah Kintamani, tentunya perlu terus mengembangkan tempat-tempat wisata baru. Dengan demikian president tower yang diusung oleh Bupati Bangli sangatlah bagus untuk menciptakan tempat-tempat wisata baru supaya bisa menarik banyak wisatawan datang ke Bangli,” tutupnya.


TAGS :

Komentar