Bendungan Palasari Jembrana Akan Dijadikan Pusat Peringatan Tumpek Uye

Baliberkarya

Baliberkarya.com - Jembrana. Pemkab Jembrana menyiapkan Bendungan Palasari sebagai tempat peringatan Tumpek Uye (tumpek kandang). Peringatan tumpek uye itu sesuai arahan gubernur Bali terkait Perayaan Tumpek Uye yang dimaksudkan untuk sebagai bentuk pemuliaan wewalungan/hewan.  

Guna memantapkan pelaksanaan Perayaan Tumpek Uye  di Jembrana, Sekda Jembrana, Drs. I Made Budiasa.,M.Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Pemasyarakatan Setda Kabupaten Jembrana, Drs. I Nengah Ledang  memimpin rapat pelaksanaan Tumpek Uye pada Selasa (18/1/2022) bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Bupati Jembrana.

Rencananya, perayaan Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi yang jatuh pada Sabtu (29/1) akan dipusatkan di Bendungan Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya.

Sekda Budiasa menjelaskan, rangkaian kegiatan meliputi, kegiatan Niskala diantaranya penyucian danau dan otonan sarwa wewalungan, persembahyangan tumpek uye. Sementara kegiatan Sekala berupa pelepasan 10 ribu ekor ikan ke Bendungan Palasari, pelepasan burung dan resik sampah di sekitar Bendungan.

Perayaan Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi ini juga dilaksanakan di masing-masing desa dan kelurahan, desa adat, keluarga, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan dan swasta serta masyarakat,” jelasnya. (BB)


TAGS :

Komentar