Wabup Ipat Hadiri Pasupatian Perarem Banjar Adat Waru Mekar Dauhwaru

  18 Januari 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Wabup Ipat hadiri Pasupatian Perarem Banjar Adat Waru Mekar Dauhwaru

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna ,menghadiri karya pasupati perarem Banjar Adat Waru Mekar Dauhwaru Kecamatan Jembrana, Senin malam (17/1/2022). Perarem yang baru  selesai,  memuat awig awig dan instrumen adat sebagai pedoman kehidupan adat di banjar Waru Mekar Jembrana.

Upacara penyucian perarem bertepatan dengan rahina purnama sasih kaulu, diawali dengan persembahyangan bersama di padmasana banjar adat setempat. Selain itu, bersama krama adat setempat, Wabup Patriana juga sempat melaksanakan penanaman bibit alpukat kuba diwewidangan banjar adat Waru Mekar.

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mewakili Bupati I Nengah Tamba mengapresiasi semangat  krama atas terselesaikannya dengan baik  perarem banjar pekraman. Penyusunan perarem ini tentu tidak mudah sebut Patriana, karena mesti didasari  dengan kesepakatan baik manah, bawos lan laksana(pikiran, perkataan dan perbuatan). Selain itu, pasupati perarem  juga berdasarkan desa mawa cara(situasi dan kondisi desa setempat.

“Mewakili Bupati Jembrana, saya bahagia dan berbangga sekali kepada  krama banjar  atas terselesaikannya   perarem banjar pekraman. Semoga bermanfaat dalam pelaksanaan tata laksana kehidupan krama disini, serta mampu mengajegan Bali dimulai dari banjar adat,“ ujar Patriana .

Kedepan, sambung Wabup Patriana, perarem  yang telah dipasupati ini senantiasa dapat digunakan dalam  perencanaan  pembangunan di banjar adat menuju krama landuh. ”Perarem yang telah menjadi dasar acuan bagi krama adat ini, selain nantinya dapat dijadikan acuan dalam segala bentuk pembangunan di banjar adat juga digunakan dalam memecahkan berbagai persoalan  dan permasalahan menuju  krama banjar tentram dan damai,” ujar Wabup yang akrab disapa Ipat ini.

Sementara Kelian Adat Banjar Waru Mekar, AA Bagus Radnyana mengatakan perarem sudah berakhir masa berlakunya sejak tahun 2014. Guna menyusun perarem yang baru, pihaknya telah membentuk tim beranggotakan sebelas krama. Selama 1 bulan tim itu bekerja, menyusun perarem serta melakukan sosialisasi kepada krama hingga bisa disahkan sekarang. “Melalui perarem ini akan mengatur jagat kerthi, sehingga ada keseimbangan jiwa baik hubungan kepada Ida Sang Hayang Widi Wasa, dengan sesama krama serta dengan lingkungan.

Terkait dengan digelarnya pasupati perarem, hal itu dimaksudkan sebagai bentuk penguatan niskala sehingga perarem yang sudah disepakati krama ini bisa dilaksanakan dengan baik kedepannya. Melalui perarem itu diharapkan mampu menuntun kehidupan krama adat menuju kehidupan krama yang Sagilik-Saguluk Salunglung Sabayantaka, Paras-Paros Sarpanaya, ( menjungjung tinggi nilai kegotong royongan, saling mebantu, saling menyayangi dan tolong menolong ).   “ Upacara ini agar perarem yang sudah disusun serta disepakati bersama  mempunyai “taksu“. Jadi ada rohnya, tidak hanya sekedar selembar kertas, namun ada komitmen dari seluruh krama untuk mentaati dan menjalankannya dengan baik. Itu harapan kami,“ pungkasnya. (BB)