Dikepung Omicron, Kabupaten Jembrana Laksanakan Vaksin Booster

Ket Poto, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna bersiap-diap divaksin booster

Baliberkarya.com – Jembrana. Desas-desus masuknya virus varian baru yang bernama virus Omicron, Menteri Kesehatan RI membuka vaksi ketiga yang disebut dengan vaksin booster Covid-19 yang dimulai pada tanggal 12 Januari 2022. Kali ini vaksin yang dipakai merupakan vaksin astra zeneca.

Adapun sasaran vaksin booster ini ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Untuk di Kabupaten Jembrana, vaksin booster langsung dibuka oleh Bupati dan Wakil Pupati Jembrana serta di dampingi oleh Forkopimda Kabupaten Jembrana bertempat di Gedung Auditorium Pemkab Jembrana. sekaligus Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna serta Forkopimda ikut di vaksin booster.

Kapala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dr. I Gusti Ketut Oka Parwata  menambahkan, pihaknya mulai hari ini membuka vaksin Booster yang di laksanakan di Gedung Auditorium. “Hari ini juga bapak bupati dan bapak wakil bupati serta Forkopimda Kabupaten Jembrana sudah melakukan vaksinasi Boster juga, dan mudah-mudahan dengan mulainya vaksin booster merupakan salah satu upaya pencegahan agar tidak ada lonjakan kasus lagi,” harapannya. Jumat (14/1/2022).

Untuk penanganan lonjakan pihaknya sudah melakukan upaya sesuai dengan prosedur serta sudah melakukan tracing dan tasting, jika ada yang positif langsung dikarantina di Isoter kabupaten yang berada di Hotel Hapel. “Untuk vaksin booster ada namanya homolog dan netrolog sementara ini kita mempergunakan Astra Zeneca untuk vaksin Boosternya biarpum primernya mempergunakan vaksin sinovac itu tidak apa-apa,” ujarnya.

Jelasnya Oka menambahakan, adapun sasaran vaksin ini sebenarkan untuk 18 tahun keatas, akan tetapi di preoritaskan untuk lansia dulu, dan juga kalau hadir 18 tahun keatas dan kreterianya sudah lewat 6 bulan vaksin primernya di vaksin juga. “Untuk target vaksin hari ini sebanyak 600 orang. mudah-mudahan sebanyak-banyaknya kita dapat dengan kesadaran masyarakat, dikarenakan sudah 2 kali tentunya mereka sadar akan menjaga kekebalan ini merupakan salah satu upaya penguatan kekebalan tubuh,” tutupnya.

Saat usai mengikuti vaksin Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mengatakan, masyarakat Kabupaten Jembrana sudah menyelesaikan secara maksimal vaksin dosis 1 dan vaksin dosis 2, hal tersebut untuk kembali meningkatkan kekebalan imun tubuh.

 “Hari ini kita mulai secara serentak membuka vaksin booster atau vaksin 3. Hal ini untuk mengantisipasi desas-desus masuknya varian Omicron di di Bali khususnya di Kabupaten Jembrana,” terangnya.

Hal ini salah satu dari cara-cara, lanjut Tamba, untuk mencegah masuknya umicron ke Jembrana. pihaknya serta seluruh Forkopimda Kabupaten Jembrana siap mendukung mensukseskan pelaksanaan vaksin tahap ke tiga (booster) ini. “Vaksin booster ini di dahulukan lansia dan masyarakat diatas umur 18 tahun, silahkan bebas dan langsung datang untuk mengikuti vaksin semakin banyak yang datang itu semakin bangus,” ucapnya.(BB). 


TAGS :

Komentar