Lolos Masuk Bali Belum Tervaksin, Ratusan Orang Terjaring di Pelabuhan Gilimanuk

Ket poto : Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si saat pengecekan di Pos Vaksin Pelabuhan Gilimanuk

Baliberkarya.com – Jembrana, Ratusan orang yang akan berlibur ke Bali terjaring di Pelabuhan Gilimanuk dikarenakan belum tervaksin dosis 2 maupun dosis 1. Ratusan orang tersebut mayoritas merupakan KTP luar Bali yang akan liburan tahun baru di Pulau Dewata.

Sesuai Intruksi Kemendagri dan diperkuat dengan SE Gubernur Bali selain kelengkapan surat rapid test untuk syarat memasuki PulaU Bali diharuskan dengan surat vaksinasi dosis ke 2. Dalam pemeriksaan tersebut diketahui perharinya pelaku perjalanan yang akan masuk ke Bali yang belum tervaksin kurang lebih 70 sampai 80 orang dosis 1 maupun dosis ke 2.

Atas intruksi tersebut Polres Jembrana bersinergi dengan Dinas Kesehatan Jembrana, melalui tenaga vaksinator Puskesmas Gilimanuk, membuka Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 untuk pelaku perjalanan sesuai dengan Imendagri yang masuk maupun keluar dari Bali dimulai dari tanggal 24 Desember 2021

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana,S.H, S.I.K, M.I.K saat dikonfirmasi awak media via telephone mengatakan, dalam pemeriksaan surat vaksin di Pelabuhan Gilimanuk rata-rata masyarakat yang terjaring di pos pelayanan vaksinasi perharinya kurang lebih 70 sampai 80 orang, jumlah tersebut bercampur ada dosis 1 ada juga dosis ke 2 akan tetapi mayoritas kebanyakan dosis ke 2.

“Dari tanggal 24 Desember 2021 kemarin sampai kemarin tanggal 29 Desember 2021 sekitar 560 orang divaksin di pos pelayanan vaksin. Pelaku perjalanan yang terjaring di Pelabuhan Gilimanuk yang mayoritas diluar KTP Bali sekitar 420 dan sisanya KTP Bali. Yang kita jaring pelaku perjalanan yang mau keluar Bali, yang dari luar Bali sudah terjaring di pos Pelayanan vaksin di Pelabuhan Ketapang, akan tetapi masih juga ada yang lolos kita tetap layani,” terangnya. Kamis (30/12/2021).

Terkait arus balik, lanjut Juliana, untuk mengantisipasi yang akan diprediksi nanti puncaknya terjadi di tanggal 2, 3, 4 Januari 2022. Pihaknya sudah koordinasi dengan ASDP terkait pemesanan tikat dihimbau kepada masyarakat untuk memesan melalui online. “Mudah-mudah tidak ada penumpukan, kalau pun ada penumpukan kita sudah siapkan juga rekayasa arus lalulintasnya mendekati wilayah Gilimanuk. Untuk kunjungan wisata domistik ke Bali melalui darat di Pelabuhan Gilimanuk masih dikatagorikan normal berkisar antara 11 ribu sampi 13 ribu yang masuk Bali,” tutupnya. (BB)

 


TAGS :

Komentar