Gagas Program Babi Bergulir, Gus Adhi Serahkan 18 Ekor Babi Dorong Peternak Gunakan Pakan Organik

Baliberkarya.com-Badung. Setelah sebelumnya memberikan bantuan 18 ekor babi kepada Kelompok Ternak Kandang Mesari di Desa Cemagi, Badung, Anggota Komisi II DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) kembali memberikan bantuan aspirasi 18 ekor babi kepada Kelompok Ternak Mekar Sari di Banjar Belang, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Selasa sore (28/12/2021).

Dari 18 ekor babi yang diterima kelompok ternak terdiri 16 ekor diantaranya adalah anakan dan dua ekor merupakan pejantan. Bantuan Wakil rakyat dengan spirit perjuangan “Amanah, Merakyat, Peduli” (AMP) dan “Kita Tidak Sedarah Tapi Kita Searah”, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) ini membuktikan komitmennya dalam tindakannya yang Seken-seken (bener-bener), Saja-saja (sunguh-sungguh), Beneh-beneh (serius) dalam membantu masyarakat.

"Bantuan ini sebelumnya aspirasi yang saya perjuangkan di Kementerian Pertanian," kata Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali yang akrab disapa Gus Adhi.

Untuk mengenal lebih dekat Kelompok Ternak Babi Mekar Sari dan melihat langsung kandang babi yang dikelola kelompok ternak yang memiliki anggota 25 orang ini, Gus Adhi dengan spirit dan motivasi “Maju Terus Pantang Mundur” ini turun menyapa sekaligus mendengar aspirasi  kelompok ternak ini.

"Saya mengapresiasi gerak dan langkah dari Kelompok Ternak Babi Mekar Sari ini, ternyata saya mendengarkan bagaimana niat dan tekad warga di Desa Sembung ini untuk mengembangkan kelompok ternak babi ini betul-betul mereka ingin mewujudkan peternakan babi yang maju sesuai nama kelompoknya, mekar dan mesari," ungkap Gus Adhi yang sebelumnya bertugas di Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, kelautan, kehutanan dan lingkungan hidup dan kini menjabat Anggota Komisi II DPR RI ini.

Anggota DPR RI dua periode ini mengatakan, agar terjadi kesinambungan pengembangan peternakan babi khususnya di Desa Sembung, dirinya meminta kepada anggota kelompok agar menyisihkan satu ekor babi hasil pengembangan bantuan 18 ekor babi, untuk diberikan secara cuma-cuma kepada warga desa yang memang ingin memelihara babi.

"Setiap anakan yang dilahirkan dari babi peliharaan kelompok disini sebagian dijual, satu ekornya diserahkan ke pak mekel (Perbekel). Nantinya pak mekel menyerahkan kepada masyarakat yang berkeinginan berternak babi, tentunya yang penerima itu pun tidak hanya terputus disitu namun ada niat dan tekad sama seperti kelompok disini yaitu munculnya peternakan berkelanjutan," tutur politisi senior Partai Golkar asal Jero Kawan Kerobokan Badung ini.

Sementara berkaca dari kejadian beberapa waktu lalu dimana terjadi kematian massal hewan ternak khususnya babi peliharaan warga, Gus Adhi menyampaikan pengalamannya. Bahwa ada kelompok ternak yang Ia bina tidak menggunakan pakan sentrat namun memakai pakan organik. Hasilnya, babi-babi tersebut punya ketahanan hidup yang lebih baik.

"Saatnya kita membuat pakan sendiri yang organik. Mari wujudkan peternakan organik, hewan ternak sehat kita juga konsumsi daging yang sehat, dan tentunya secara ekonomis produk organik harganya jauh lebih mahal sehingga akan mengangkat kesejahteraan peternak," terang Gus Adhi yang juga Ketua Harian SOKSI dan Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali.

Dalam kesempatan yang sama, Ketut Sukantra selaku Ketua Kelompok Ternak Babi Mekar Sari menyampaikan terima kasih atas perjuangan Gus Adhi merealisasikan aspirasi kelompoknya sehingga bisa mendapat bantuan 18 ekor babi.

"Bantuan Anak Agung Adhi Mahendra Putra atau Gus Adhi sangat bermanfaat. Seperti apa yang diarahkan oleh beliau (Gus Adhi) kami tidak akan memakai sentrat artinya kita akan produksi pakan sendiri, organik," kata Sukantra.

Sementara itu, keinginan Gus Adhi ini sejalan dengan rencana Perkebel Desa Sembung I Ketut Sukerta dalam program babi bergulir. Perbekel Desa Sembung berharap bantuan dari Kementerian Pertanian yang berhasil diperjuangkan Gus Adhi dan dibawa ke daerah khususnya kepada Kelompok Ternak Mekar Sari diharapkan dapat menggerakkan ekonomi warganya.

"Sebagai Perbekel Desa Sembung sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Agung Adi Mahendra Putra yang telah membantu warga kami dalam bentuk ternak babi ini dan sekali lagi harapan tyang ini bisa meningkatkan ekonomi warga khususnya kelompok ternak babi ini," pungkas Sukerta.(BB). 


TAGS :

Komentar