Berkat Perlawanan Dewi Lestari terhadap Ular Sanggraloka, Adikampana Berhasil Raih Gelar Doktor Pariwisata Unud

  24 Desember 2021 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (F-Par UNUD) kembali melahirkan seorang Doktor Pariwisata pada Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus I Made Adikampana, S.T. M.T, Jumat (24/12/2021).

Sidang Terbuka Promosi Doktor ini merupakan salah satu tahap evaluasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan setelah promovendus dinyatakan lulus pada semua penilaian seperti penilaian mata kuliah, ujian kualifikasi, ujian proposal, seminar kelayakan dan ujian tertutup.

Bertindak sebagai Ketua Sidang adalah Dr. I Nyoman Sudiarta, SE., M.Par., dan Ketua Dewan Penguji adalah Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A. bersama penguji Prof. Dr. I Wayan Ardika, M.A. (Promotor): Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP. (Kopromotor 1); Dr. Drs. I Nyoman Sunarta. M.Si. (Kopromotor 2): Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M. Arch., Ph.D.; Prof. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., Ph.D.; Ni Made Sofia Wijaya, SST.Par., M.Par., Ph.D., dan Gde Indra Bhaskara, SST. Par.. M.Sc. Ph.D.
Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul “Perlawanan Dewi Lestari terhadap Ular Sanggraloka: Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pariwisata di Taman Nasional Bali Barat”. 

Berdasarkan hasil disertasinya, terjadi kontestasi nilai antara pariwisata suplementer dengan pariwisata enklave yang pada skhimya menentukan tingkat partisipasi masyarakat lokal dalam pariwisata di Taman Nasional Bali Barat. 

Teritorialisasi fungsional dibutuhkan untuk mengintegrasikan kedua nilai tersebut, sehingga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat lokal dalam pariwisata di Taman Nasional Bali Barat. Dekan Fakultas Pariwisata mengaku sangat bangga atas pencapaian yang diraih oleh promovendus.

“Tentu kami sangat senang dan bangga, kelahiran Doktor baru di bidang pariwisata sangat dinantikan. Semoga Dr. Adi Kampana bisa terus berkarya dan berkontribusi lebih banyak bagi kemajuan dunia pariwisata Bali dan Indonesia,” harapnya.

Promovendus merupakan dosen aktif di Program Studi Sarjana Pariwisata F-Par UNUD. I Made Adikampana, S.T., M.T, menamatkan pendidikan sarjana pada Program Studi Teknik Planologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2001, kemudian meraih gelar master pada bidang Teknik Arsitektur di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2006.

Selain aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Adikampana juga aktif menulis buku. Beberapa judul buku karyanya antara lain Pariwisata Berkelanjutan dalam Pusaran Krisis Global (2010), Parwisata Berbasis Masyarakat (2017), Kontestasi Air di Wilayah Subur, serta Dinamika Pariwisata dan Eksistensi Subak di Kuta Utara.(sumber: http://www.unud.ac.id/BB).