Tingkatkan Kedisiplinan Pegawai, Universitas Udayana Segera Terapkan "SIPENA"

  21 Desember 2021 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Universitas Udayana melalui Bagian SDM Biro Umum menggelar Sosialisasi Penerapan Uji Coba SIPENA (Sistem Informasi Presensi Udayana) yang berlangsung secara hybrid kombinasi daring dan luring dari titik lokasi utama Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (21/12/2021).

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Biro Umum Universitas Udayana, dan dihadiri Para Kepala Biro, Koordinator, Sub-Kordinator, dan staf di lingkungan Universitas Udayana. Kepala Biro Umum Ni Made Pertami Susilawati menyampaikan pembuatan sistem ini dilatarbelakangi pentingnya pelaksanaan presensi dari mana saja secara mobile melalui smartphone.

Untuk tahap awal ini presentasi melalui aplikasi terkait kehadiran saat WFH dan WFO ditujukan untuk tenaga kependidikan, sementara kehadiran untuk tenaga pendidik akan dikoordinasikan lebih lanjut. Dengan adanya SIPENA ini diharapkan meningkatnya kedisiplinan pegawai yang sebelumnya diperoleh berbagai laporan terkait kehadiran tenaga kependidikan yang bermasalah.

Materi sosialisasi uji coba SIPENA disampaikan oleh Tim USDI. Ir. I Wayan Shandyasa, ST., MT dari Tim USDI yang menjelaskan presensi secara online dapat diakses melalui aplikasi Udayana Mobile yang dapat diunduh di Play Store dan Apps Store.

Presensi dari masing-masing tenaga kependidikan kemudian akan divalidasi atasan dan rekapannya dapat dilihat secara real time melalui Laman sipena.unud.ac.id. Kelebihan lain dengan menggunakan aplikasi ini adalah adanya notifikasi di perangkat smartphone masing-masing pengguna sebagai pengingat untuk melakukan presensi. Melalui aplikasi ini diharapkan ke depan tidak ada lagi tenaga kependidikan yang tidak tertib dalam melakukan proses presensi.(BB).