BPTD Bali-NTB Pelabuhan Gilimanuk Hentikan Pelayaran Kapal Akibat Kembali Cuaca Buruk

  14 Desember 2021 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Dermaga Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. BPTD Bali-NTB Satpel Pelabuhan Gilimqnuk kembali memberhentikan pelayaran Pelabuhan Gilimanuk, dikarenakan cuaca buruk hujan deras serta angina kencang serta kabut tebal. “Kami terpaksa menghentikan pelayaran akibat cuaca tidak memungkinkan untuk kapal menyebrang,” terang Kepala BPTD Bali-NTB Satpel Pelabuhan Gilimqnuk, Nyoman Sastrawan

Pihaknya tidak berani berspekulasi akibat cuaca ini. Akibat dari angina kencang takutkan kapal terdorong keluar jalur pelayaran lalu hanyut atau kandas. “Selain itu juga bisa mengakibatkan tabrakan sesama kapal. Ya kita memutuskan menunda,” terangnya. Selasa (14/12/2021)

Untuk sementara, lanjut Sastrawan, keberangkatan untuk Kapal- kapal yang beroperasi di lintas Ketapang- Gilimanuk ditunda mulai pukul 17.08 Wita. "Penundaan ini dilakukan mengingat cuaca hujan deras dan kabut beresiko bagi pelayaran kapal," ujar

Lebih jelasnya Sastrawan mengatakan, setelah pelayaran kapal ditunda, semuq kapal yang masih sandar di dermaga, baik dermaga movile bridge (MB), dermaga Ponton dan dermagq LCM diminta tetap sandar dan kapal yang sedang berlayar diminta mengapung ditempat aman. Sementara kendaraan yang akan menyebrang menunggu di oarkir siap muat.

“Dalam keadaan tesebut tidak sampai terjadi antrean karena kendaraan. Beruntungnya lagi cuaca buruk tidak berlangsung lama. Setelah setengah jam cuaca buruk berlalu dan pukul 17.35 Wita penyebrangan dibuka. Cuaca sudah bersahabat dan jarak pandang sudah membaik,penyebrangan dibuka kembali," tutupnya. (BB)