Bantu Berbenah Sambut Wisatawan, Gus Adhi Bersama SOKSI Ajak Warga Aksi Bersih-bersih Pantai Pandawa

Foto: Anggota Komisi II DPR RI/Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (jongkok paling kanan) melakukan aksi bersih-bersih bersama di Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Minggu pagi (12/12/2021).

Baliberkarya.com-Badung. Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang memang dikenal merupakan sosok wakil rakyat yang sangat cinta dan dekat dengan alam dalam setiap kesempatan bersama warga maupun tokoh masyarakat selalu menggelorakan pesan penting agar jangan memperkosa alam, merusak serta mencemari lingkungan.

Hal itu terus digemakan Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) untuk membangun kesadaran masyarakat agar makin mencintai alam dan melestarikan lingkungan serta melakukan gerakan penyelamatan lingkungan.

Politisi yang akrab disapa Gus Adhi yang dikenal sangat cinta dan dekat dengan alam ini tidak hanya gencar melakukan penyelamatan lingkungan di hutan dengan menggerakan aksi penanaman pohon dan telah menggelontorkan puluhan ribu bibit pohon di seluruh Bali, namun juga menaruh perhatian serius terhadap kelestarian kawasan laut dan pantai.

Seperti halnya yang dilakukan Gus Adhi dengan melakukan aksi bersih-bersih bersama di Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Minggu pagi (12/12/2021). Aksi mulia yang merupakan contoh nyata ini dilakukan melibatkan pihak Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bersama keluarga besar SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Bali, kelompok nelayan, Bendesa Adat Kutuh, Perbekel Desa Kutuh dan tokoh masyarakat serta warga setempat.

“Aksi bersih-bersih serta menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keasrian pantai ini sebagai salah satu bentuk kami memberikan perhatian kepada Pantai Pandawa," kata Gus Adhi yang dikenal sebagai wakil rakyat dengan spirit perjuangan “Amanah, Merakyat, Peduli” (AMP) dan “Kita Tidak Sedarah Tapi Kita Searah" ini.

Pantai Pandawa di Desa Kutuh merupakan salah satu destinasi pariwisata di Bali yang sangat dikenal dan disukai wisatawan dengan keindahan panorama tebing-tebing dan pantainya yang asri. Sehingga kebersihan kawasan ini harus tetap terjaga untuk semakin menambah kenyamanan wisatawan berkunjung ke Pantai Pandawa meski di masa pandemi Covid-19 sekarang ini pariwisata Bali tengah lesu yang berimbas terhadap turunnya kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa.

Meski begitu, bagi Gus Adhi di masa pandemi inilah saatnya destinasi pariwisata di Bali berbenah dan meningkatkan kenyamanan serta disertai dengan pembangunan berbagai fasilitas.

“Justru di masa pandemi Covid-19 ini kita saatnya berbenah, bersih-bersih lingkungan di destinasi pariwisata dan melakukan pembangunan fasilitas. Saat pandemi usai, pariwisata kita bisa running (berlari) kencang,” kata Gus Adhi yang kini merupakan Anggota Komisi II DPR RI Dapil Bali dan sebelumnya menjabat Anggota Komisi IV DPR RI.

Kegiatan aksi bersih-bersih pantai ini selama kurang lebih 1 jam lebih ini terkumpul sampah mencapai 300 kg sampah yang kebanyakan memang merupakan sampah organik, seperti dedaunan kering yang nantinya sampah organik ini akan diolah menjadi pupuk organik. Selain menggerakkan aksi bersih-bersih pantai, lanjut politisi senior Partai Golkar asal Kerobokan, Kabupaten Badung ini juga memberikan bantuan kepada kelompok nelayan setempat berupa bantuan alat nelayan melaut/mencari ikan seperti mesin tempel.

“Di masa pandemi kami ingin tetap terus menggerakkan perekonomian, khususnya di Pantai Pandawa ini bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan dan pelaku UMKM,” tegas Gus Adhi yang juga Ketua Harian Depinas SOKSI dan Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali ini.

Terkait aksi mulia dan kepedulian Gus Adhi ini, Perbekal Desa Kutuh Wayan Mudana dan Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kepedulian Gus Adhi terhadap keberadaan Pantai Pandawa dan Desa Kutuh secara keseluruhan.

“Terima kasih kepada beliau (Gus Adhi) yang hadir langsung di tengah-tengah kita dalam aksi bersih-bersih sebagai bentuk kepedulian dan ini menjadi kebanggaan kita,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap aspirasi warga yang disampaikan kepada Gus Adhi bisa diperjuangkan misalnya menyangkut kebutuhan motor roda tiga pengangkut sampah, hingga bangunan krib untuk mencegah abrasi di Pantai Pandawa. Warga juga berharap Gus Adhi bisa memperjuangkan pembangunan sarana olahraga di Desa Kutuh dengan mengkomunikasikan langsung aspirasi ini kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Kami berharap semua aspirasi ini bisa dibantu diperjuangkan,” pinta Mudana.

“Kepedulian beliau memberikan suntikan semangat bagi kami untuk terus berbenah dan mengembangkan destinasi wisata Pantai Pandawa,” kata Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir menimpali.

Menurut Mesir, pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi destinasi wisata Pantai Pandawa dimana kunjungan wisatawan anjlok drastis. Saat ini tercatat hanya ada kunjungan 1.000 orang lebih wisatawan domestik per hari dimana sebelum pandemi kunjungan mencapai 10.000 orang per hari.

“Semoga kondisi pandemi segera membaik dan pariwisata pulih kembali serta Pantai Pandawa makin ramai dikunjungi,” harap Mesir menyudahi.(BB). 


TAGS :

Komentar