Bupati Tamba Hadiri Peletakan Batu Pertama Masjid Baitul Ihsan Yeh Sumbul 

  05 Desember 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba letakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Ihsan, Banjar Yeh Satang

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba Menghadiri Undangan dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Ihsan bertempat di Masjid Baitul Ihsan, Banjar Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul, Kecamatan. Mendoyo, Minggu (5/12).

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolsek Mendoyo, Bintara Tata Usaha Dalam Koramil 161702 Mendoyo, Mewakili Danramil, Kasi Sosial dan Budaya mewakili Camat Mendoyo, Ketua MUI Jembrana, Prebekel Yeh Sumbul, dan Bendesa Yeh Sumbul.

Ketua panitia, Nur Fatimah menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Bapak Bupati ditengah kesibukan yang padat. Masjid ini di bongkar karena kondisi yang rusak dan tidak mencukupi untuk umat Banjar Yeh Satang. "Pembangunan ini menggunakan dana swadaya masyarakat dengan perencanaan anggaran 1,321 milyar. Dengan dana awal 300 juta, memberanikan diri untuk melakukan pembangunan masjid ini," ungkap Nur Fatimah.

Dalam kesempatan ini Nur Fatimah mewakili masyarakat muslim Yeh Satang memohon Bapak Bupati berkenan meletakkan Batu Pertama pembangunan Masjid Baitul Ihsan. "Dan nantinya jika sudah selesai juga untuk dapat diresmikan oleh Bapak Bupati, I Nengah Tamba juga, harap Nur Fatimah.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, dirinya sangat setuju ada pembangunan tempat sembahyang, tempat solat. Mesjid ini penting dibuat, karena segala rasa syukur, bakti kepada Hyang Maha Kuasa di sini tempatnya,

"Apa yang menjadi keinginan masyarakat muslim sudah direalisasikan, yaitu membangun musola di RSU sudah dilaksanakan dan pembangunannya sudah selesai tinggal menunggu tanggal peresmiannya," terangnya.

Tamba melanjutkan, dalam kehidupan bermasyarakat yang berbeda agama, harus selalu hidup “Guyub”, yaitu membangun silahturahmi yang bagus, “menyame braye” atau kekeluargaan. "Jangan ada gesekan agama, jangan menjadi perdebatan sehingga membuat ribut. Agama adalah sensitif, mari kita saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing," ungkap I Nengah Tamba.

Bupati memberikan semangat terkait pembangunan Masjid yang dananya masih swadaya umat, “Kalau mau pasti Bisa”. Dirinya juga menyarankan untuk membuat proposal bantuan dana ke Pemerintah Kabupaten di tahun 2022. Pada kesempatan tersebut, Bupati memberikan Voucer 5 juta rupiah, dan juga secara pribadi memberikan uang tunai dan berjanji memberikan 100 sak semen.

Dengan mengucapkan doa "Om Awighnam astu namo sidham” (Hindu), artinya Ya Tuhan, semoga atas perkenan-Mu, tiada suatu halangan bagi hamba memulai pekerjaan ini dan semoga berhasil baik dan Bismillah hirohman nirohim (Islam) “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang" Bupati meletakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baitul Ihsan, Br. Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul, Kec. Mendoyo. (BB)