Bupati Sambut Baik Kerjasama Pendidikan Sekolah Dasar, Jembrana - Jepang

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyambut baik jalinan kerjasama Sekolah Dasar Kristen (SDK) Marsudirini Jembrana dengan Sekolah Dasar Negeri Shimosato-Jepang. Kesepakatan  bersama digelar secara daring, Jumat (3/12). Jalinan kerjasama nanti meliputi pertukaran budaya dan interaksi pendidikan.

Hadir saat acara berlangsung yakni, Konsul Penerangan dan Sosial Budaya Konsulat RI Osaka-Jepang Sri Mulatsih, Eksecutive Director for Internasional Relation Wakayama Prefecture Mr. Toru Kitayama, Walikota Nachi Katsura Town Jumnichiro Hori serta Kepala Sekolah SDN Shimosato KazuyoIzu mi dan kepala SDK Marsudiri Jembrana-Bali Sr. Crescentia OSF.

Dalam kesempatan itu, bupati I Nengah Tamba yang juga mengikuti secara daring mengaku sangat apresiasi kepada rombongan dari Negara Jepang terkait dengan pertukaran budaya dan interaksi pendidikan. Selain itu, Bupati I Nengah Tamba juga minta, kerjasama ini, selain budaya dan pendidikan juga terkait dengan ketenaga kerjaan.

Pasalnya, kabupaten Jembrana memiliki calon-calon tenaga kerja yang sangat potensial. “Tentu kerjasama ini (budaya dan interaksi pendidikan), kami sangat mendukung, apalagi kerjasama ini baru yang pertama kali untuk para siswa khususnya SDK Marsudirini, Jembrana dengan SDN Shimosato, Jepang,” ujarnya.

Kerjasama budaya dan Interaksi Pendidikan, kata bupati asal desa Kaliakah menegaskan, pertukaran ini akan mampu memberikan pengalaman dan makna yang lebih luas. “ini sangat memberikan manfaat yang sangat luas bagi kedua negara ini. Selain itu, pola ini sebagai wahana untuk meningkatkan literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat serta sebagai upaya dari pembangunan SDM yang lebih berkualitas,”jelasnya.

Terkait dengan ketenaga kerjaan, kata bupati Tamba, di kabupaten Jembrana telah tersedia calon-calon Naker yang sangat potensial. Untuk itu pihaknya minta agar kerjasama ini akan tetap berlanjut.

”Kami (Jembrana) memiliki calon-calon Naker potensial. Untuk itu, saya harapkan, selain masalah pertukaran budaya dan interaksi pendidikan juga masalah ketenaga kerjaan. Kami juga membuka ruang seluas-luasnya bagi para investor untuk berinvestasi lantaran kabupaten Jembrana banyak memiliki potensi yang sangat menjanjikan,” pungkasnya

 


TAGS :

Komentar