Jaga Ekosistem Laut, Pelindo Bali Nusra Tanam 11.000 Bibit Mangrove Bersama Kelompok Nelayan Simbar Segara di Tahura Ngurah Rai

Baliberkarya.com-Denpasar. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional Bali Nusra bersama Ketua Kelompok Nelayan Simbar Segara, Walikota Denpasar yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai, Camat Denpasar Selatan, Wadir Polairut dan Stakeholder Pelabuhan Benoa lainnya melakukan penanaman secara simbolis 11.000 bibit pohon mangrove di area seluas 70 are pada kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Pemogan Denpasar Bali. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT Pelindo yang juga mendukung program pemerintah dalam menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat, serta menjaga habitat hewan, menciptakan iklim yang baik di kawasan hijau guna mencegah terhadinya abrasi di area ring satu Pelabuhan Benoa. Kegiatan ini juga di dukung penuh oleh masyarakat Denpasar Selatan khususnya di Banjar Kajeng, Rangkan Sari dan Sakah yang merupakan bagian dari Desa Adat Pemogan.

Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai I Ketut Subandi mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Pelindo Regional Bali Nusra karena sudah mempelopori kegiatan penanaman mangrove di wilayah ini. “Keanekaragaman mangrove merupakan bagian terpenting yang harus dijaga dan dilestarikan karena merupakan aset berharga untuk kehidupan mahluk hidup baik biotik maupun abiotik,” kata Subandi.

Fungsi biotik dan abiotik adalah sebagai penghasil bahan organik yang merupakan sumber makanan biota, tempat berlindung dan memijah berbagai jenis udang, ikan, dan berbagai biota lainnya.

Adapun jenis mangrove yang ditanam pada Tahura ini adalah Rizophora Mucronata dan Rizophora Apiculata. Mangrove ini bisa tumbuh sampai 27 meter dan memiliki buah yang bisa diolah menjadi berbagai produk. Selain berguna untuk lingkungan terdapat nilai ekonomis bagi kelompok nelayan sekitar ke depannya.

Kelompok Nelayan Simbar Segara berkomitmen menjaga kelestarian mangrove di area Tahura ini dengan masyarakat adat pemogan. I Ketut Darsana selaku ketua berharap ke depannya bantuan bisa ditingkatkan menjadi pembuatan alur sungai menuju ke laut serta sarana dan prasarana di area Tahura Ngurah Rai.

“Pemerintah kota Denpasar sangat mengapresiasi kepedulian PT Pelindo yang mengadakan program penanaman mangrove yang melibatkan banyak pihak dan berdampak baik bagi lingkungan kedepannya,” ungkap Ida Bagus Putra Wirabawa selaku Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kebersihan Kota Denpasar. Beliau berharap adanya program kolaborasi seperti ini di masa mendatang dan banyak pihak yang terinspirasi melakukan hal yang sama.

CEO PT Pelindo Regional Bali Nusra Ali Sodikin mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, pemeritah dan stakeholder lainnya dalam kegiatan penanaman mangrove ini. 

“Kami harap apa yang dilakukan PT Pelindo hari ini dapat menginspirasi kita semua untuk terus melestarikan lingkungan terutama diarea pesisir,” pungkas Ali Sodikin.(BB). 


TAGS :

Komentar