Bacakan Pesan Pahlawan Nasional Soekarno, Rektor Unud Prof. Antara: Menangkan Perang Lawan Kemiskinan dan Kebodohan

Baliberkarya.com-Denpasar. Universitas Udayana menyelenggarakan Apel Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2021 secara virtual melalui aplikasi Cisco Webex, Rabu (10/11/2021). Apel diikuti oleh Para Pimpinan dan pegawai dengan menggunakan Pakaian Adat karena juga bertepatan dengan Hari Raya Galungan. Selaku Pembina Apel yakni Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara.

Dalam apel dilakukan pembacaan pesan Pahlawan oleh Pembina Apel, dan dalam kesempatan ini Pembina Apel Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara membacakan Pesan Pahlawan Nasional Ir. Soekarno:

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru 
dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan 
kuguncangkan dunia.” 

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa 
pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961)
 
“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka” (Pidato HUT Proklamasi 1963)
 
“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi 
perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu 
sendiri”

"Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah". Demikianlah pesan Pahlawan yang dibacakan oleh Rektor Unud dalam Apel peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Sementara pada amanat Pembina Apel disampaikan Amanat Menteri Sosial RI dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021. Dalam amanat disampaikan bahwa semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan  kebodohan dalam arti yang  luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku lnspirasiku".

"Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang  strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah," kata Pembina Apel Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara.

Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara mengajak bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

"Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap  orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya," ungkap Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara.

Dalam apel, sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dilakukan hening cipta secara serentak selama 60  detik, seraya berdoa semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipatganda dari Tuhan Yang Maha Kuasa.(BB). 


TAGS :

Komentar