Menuju Kemandirian Pangan, Fakultas Pertanian Unud Gelar Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Berbasis Sumberdaya Lokal

Baliberkarya.com-Denpasar. Selasa, 02 November 2021 digelar acara “Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana: Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal Menuju Kemandirian Pangan di Era New Normal” secara luring yang bertempat di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dijalan Raya Wr. Supratman dan daring melalui webex.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang sekaligus menjadi peserta pada acara ini.

Pada kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yaitu pertama Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, S.P., M.Agr. yang menyampaikan Mikroba Antagonis dalam Pengendalian Penyakit Tular Tanah. Kedua, Ir. I Made Mega, M.S. yang menyampaikan Pengaruh Wujud Inokulan Trichoderma harzianum dan Fusarium solani terhadap Kandungan Resin pada Tanaman Gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke). Ketiga, Dr. Ir. Ni Luh Kartini, MS. menyampaikan Potensi Serai Wangi Organik sebagai Produk Unggulan Bali.

Diseminasi ini bertujuan untuk menginformasikan hasil-hasil penelitian dosen kepada pihak yang terkait (Pemerintah dan masyarakat). Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali serta Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana membuka acara Diseminasi tersebut.

Di dalam sambutan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali dan Dekan Fakultas Pertanian UNUD mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat berlanjut dengan baik sehingga dapat menghasilkan sebuah hasil yang baik dan bermanfaat serta dapat mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal menuju kemandirian pangan di era new normal.(BB). 


TAGS :

Komentar