Dimasa Pandemi Usaha Ternak Jangkrik Sangat Menjanjikan

  06 November 2021 EKONOMI Jembrana

Ket poto: pembudidaya jangkrik mendapat pengarahan dsri Kepala Dusun Banjar Melaya Kranjan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com -Jembrana, Dimasa pandemi pencinta burung masih diminati masyarakat, usaha pakan burung pun tidak lepas dari peran tersebut, seperti usaha budidaya jangkrik yang  merupakan pakan burung yang sering di cari oleh pecinta burung. Usaha budidaya jangkrik ini tidak terlalu terkena imbas Covid-19.

Usaha budidaya jangkrik yang dikelola oleh sebuah kelompok yang berjumlah 15 orang tersebut berlokasi di Jalan Pahlawan Sukoto No 56 Banjar Melaya Krajan Desa Melaya Jembrana. Usaha tersebut  diberi nama "Jangkrik Alam Mandiri" sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar. Kelompok budidaya jangrik tersebut juga sempat dijadikan studi banding dengan kelompok-kelompok yang lain di wilayah Kabupaten Jembrana.

Salah satu pengusaha budidaya jangkrik bernama Zulkarnaen asal Banjar Melaya Krajan, dirinya mulai menggeluti usaha tersebut sejak tahun 2015. Dirinya juga mulai membentuk kelompok pada tahun 2019 mengajak para warga sekitar.

Sementara Ketua Kelompok Jangkrik Alam Mandiri Ainur Rofif mengatakan, bulan lalu pihaknya berhasil panen dan menghasilkan kurang lebih 16 juta rupiah itu masih kotornya. Kita meraup keuntungan sebesar 5 juta rupiah.

"Yang menjadi kendalai kami, bahan pakan jangkrik semakin meningkat, akan tetapi kami tetap bersemangat mereproduksi. Poinnya kami saling bekerjasama yang baik antar anggota," terangnya.Sabtu (6/11/2021).

Ditempat yang sama Kepala Dusun Banjar Melaya Krajan I Putu Gede Juniantara mengatakan, dirinya sangat mensuport apa yang di kembangkan oleh kelompok Jangkrik Alam Mandiri, dan ini bisa memperdayakan warga sehingga selaku pemerintahan Desa sendiri akan memperhatikan lebih lanjut nantinya.

"Secara kebetulan dari pihak Yayasan MBM (Maha Bhoga Marga) saat ini melirik usaha warga kami agar nantinya usaha kelompok berjalan sesuai harapan kelompok itu sendiri," tutupnya. (BB)