Dorong UMKM Bangkit dan Kreatif, Bupati Tamba Serahkan Motor Listrik

  04 November 2021 PERISTIWA Jembrana

Ket Poto: Bupati Tamba serahkan bantuan motor listri kepada UMKM

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Ditengah pandemi Covid-19, di Kabupaten Jembrana ternyata UMKM jumlahnya terus meningkat secara signifikan. Hal ini menyusul lonjakan tenaga kerja yang hengkang dan di rumahkan dari perusahaan  tempat bekerja sebelumnya. Melihat fenomena seperti itu, tidak sedikit dari warga yang terkena dampak pandemi itu membuka usaha-usaha kreatif berupa Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) dengan berbagai jenis usaha yang digelutinya masing-masing.

Data dari Dinas Perindustrian Perdagangan Dan Koperasi kabupaten Jembrana, keberadaan jumlah UMKM tahun 2019 atau sebelum pandemi Covi-19 jumlahnya 23 ribu UMKM. Sedangkan di saat pandemi mengalami kenaikan signifikan yakni, sekitar 61 ribu lebih dan tersebar di semua kecamatan di kabupaten Jembrana.

Untuk mendorong dan memperlancar pengelolaan khususnya dari sisi transportasi promosi usaha, bupati Jembrana I Nengah Tamba berupaya keras untuk melakukan terobosan dan langkah-langkag dengan harapan para UMKM di Jembrana usahanya akan semakin meningkat. Seperti pada Kamis(4/11).

Didampingi Manager PLN ULP Negara Agus Cipta dan kadis Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Putu Agus Adinata, 2 unit Grobak motor listrik langsung diserahkan kepada 2 orang pengelola UMKM yakni, UMKM yang bergerak di sektor usaha Kripik Sari Tahu, Ni Komang Erna Wati dan pengelola warung Sari Tanjung  asal kelurahan Gilimanuk kecamatan Melaya, Sri Haryana.

Usai Bupati I Nengah Tamba menyerahkan kedua Grobak motor Listrik, pihaknya minta agar bantuan yang diterimanya itu dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperlancar transportasi saat melakukan pemasaran. ”Gerobak motor Listrik ini tentu akan sangat bermanfaat. Ini sarana transportasi sangat positif  untuk membantu dan memperlancar usaha yang ditekuni, baik saat pemasaran dan juga promosi produk  kepada setiap calon konsumennya,” ujarnya.

Bupati Tamba juga berharap, dengan bantuan sarana transportasi ini penghasilan yang diperoleh akan semakin meningkat. ”Jangan sudah dikasi bantuan justru usaha saudara menurun omsetnya. Saya harapkan ini sebagai langkah maju dalam meningkatkan pendapatan usaha yang ditekuni. Dengan semakin baik pendapatan pendapatan yang diperoleh  tentu akan dapat meningkatkan kesejahteraan,” terangnya.

Sementara Manager PLN ULP Negara, Agus Cipta  mengaku, kalau bantuan Grobak Motor Listrik yang diberikan kepada UMKM Jembrana merupakan bagian pendistribusian bantuan yang disebarkan ke setiap kabupaten/kota di Bali. ”Untuk kabupaten Jembrana kita berikan kepada 2(dua) UMKM. Ini diberikan secara slektif lantaran sesuai kreteria yang ada bantuan ini diberikan kepada pengelola UMKM perempuan yang notabena sebagai tulang punggung keluarga,” ujarnya.

Kedepan, kata Agus, bantuan dari CSR PLN Peduli berupa Gerobak Motor Listrik akan tetap dilanjutkan asalkan dampaknya dapat memberikan manfaat. ”Tentu nanti bantuan seperti akan berkelanjutan kedepannya asalkan dapat memberikan manfaat yang positif. Namun jika sebaliknya, kami akan memperhitungkannya,” tegasnya.

Ditambahkan Agus Cipta, keberadaan UMKM yang ada di Jembrana secara umum usahanya sangat aktif dan produktif. ”Ini tentu sangat memungkinkan kalau UMKM yang ada di Jembrana ini untuk dikembangkan,” tutupnya. (BB)