Salurkan Bantuan Ternak Kambing, Bupati Tamba Minta Peternak Jangan Asal-Asalan

  03 November 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Tamba dan Wabup Ipat serahkan bantuan ternak kambing kepada 7 (tujuh) kelompok Gempita

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Kelompok Tani Ternak Kambing(Gempita) kembali mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten Jembrana. Sebanyak 7 (tujuh) kelompok Gempita yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Jembrana dijatah dengan 308  ekor ternak kambing yang secara simbolis diserahkan oleh bupati I Nengah Tamba dan wakilnya I Gede Ngurah Patriana Krisna bertempat di karantina hewan UD Fajar desa Banyubiru, Negara(3/11).

Kelompok penerima bantuan, bupati I Nengah Tamba minta agar anggota kelompok tidak asal-asalan dalam memelihara ternaknya  di setiap kelompok itu sendiri. Pasalnya, Pemerintah tidak akan segan-segan untuk memutus pendistribusian bantuan jika dilapangan ditemukan ada kelompok  yang tidak serius menjalankan usahanya dengan baik.

“Jadilah peternak yang seken(serius). Saya tidak ingin ada kelompok penerima bantuan hanya senang saat menerima bantuan saja. sementara tidak seken(serius) memeliharanya,”ujarnya.

Kedepan,  jika saat di evaluasi di lapangan ternyata ditemukan kelompok penerima bantuan nyata-nyata melanggar ketentuan dan kewajiban,  kata bupati Tamba, pemerintah  akan menghentikan pendistribusian bantuan kepada kelompok .”Kedepan saya hentikan bantuan seperti ini(kambing) jika dilapangan ternyata pengelolaan dan pemeliharaannya asal-asalan . Termasuk jika ditemukan keberadaannya   tidak jelas,”tegasnya.

Kepada anggota kelompok penerima, bupati Tamba juga minta agar bantuan dapat memberikan penghasilan secara ekonomi kepada kelompok serta keluarga.”Harapan saya, bantuan  ini nantinya akan berkembang. Jika satu ekor kambing betina ini bisa beranak 2 ekor, satunya dijual untuk kebutuhan ekonomi keluarga dan satunya dikembangkan lagi sehingga nanti akan semakin banyak,”harapnya.

Sementara Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan, I Gede Putu Kastama mengaku, kalau bantuan ternak kambing yang diserahkan kepada kelopok Gempita sebanyak 308 ekor. Bantuan itu diberikan kepada kelompok tani ternak kambing yang tersebar di setiap kecamatan di kabupaten Jembrana. “Saat ada 7(tujuh) kelompok yang menerima bantuan. Setiap kelompok diberikan masing-masing sebanyak 44 ekor kambing, 40 betina dan 4 ekor pejantan. Total bantuan ternak yang diserahkan saat ini sebanyak 308 ekor,”ujarnya.

Selain bantuan berupa ternak kambing, kata Sutama, kelompok juga diberikan berupa fasilitas kandang termasuk bantuan terkait dengan pemberdayaan SDM anggota kelompok.”Pemerintah juga memberikan bantuan ke setiap kelompok berupa fasilitas kandang termasuk obat-obatan untuk ternak. Selain itu juga, anggota kelompok diberikan bimbingan teknis(bintek) untuk peningkatan SDM-nya terkait dengan pakan ternak fermentasi serta pengolahan limbah organik,”pungkasnya. (BB)