Bupati Bangli Tinjau Kegiatan Pasar Tani

Baliberkarya

Baliberkarya.com – Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta beserta Ny. Sariasih Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar beserta Ny. Suciati Diar,  dan Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika meninjau dan sekaligus berbelanja dalam rangka kegiatan pasar tani yang diselegarakan oleh Dinas PKP Kabupaten Bangli yang bertempat di utara lapangan Kapten Mudita Bangli, Rabu, 03/11/2021.

Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli I Wayan Sarma mengatakan, kegiatan ini dinamakan pasar tani, mengapa dinamakan pasar tani karena memang pedagangnya adalah dari binaan kita yakni  kelompok-kelompok tani. Baik itu kelompok tani maupun dari kelompok wanita tani. Oleh karena itu barang yang dijual di pasar tani ini langsung dari produsen bukan dari dagang dan ini memang langsung tangan pertama.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi penjualan produk daripada kelompok-kelompok kita atau petani-petani kita. Dan yang kedua adalah agar konsumen dalam hal ini sebagai pembeli yang sasarannya kepada khususnya ASN dan masyarakat umum dan itu mendapatkan harga yang lebih murah, dan ini merupakan bagian dari program TPID dalam rangka menekan laju inflasi. Kegiatan ini serangkaian dengan menyambut Hari Raya Galungan dan kuningan, akan tetapi memang sudah menjadi program baik dari TPID maupun program di dinas pertanian dalam rangka memfasilitasi pemasaran produk yang dihasilkan oleh para petani. Jumlah pedagang yang berjualan di pasar tani ini berjumlah 50 pedagang dan kegiatan ini diusahakan dari produsen atau dari penghasil,” terangnya.

Ia menambahkannya, pihaknya berharap kegiatan ini agar bisa berlanjut, kenapa karena produsen-produsen kita dapat terfasilitasi dan yang kedua konsumen kita juga mendapatkan barang yang berkualitas dan harga yang relatif murah.

Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, kegiatan pasar rakyat atau pasar tani ini untuk menjaga kestabilan harga di pasar jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pasar tani ini untuk melihat potensi yang dimiliki Bangli serta stabilitas harga di pasaran. Dengan adanya pasar tani ini juga memberikan kesempatan kepada pedagang lokal untuk menjual hasil produksinya. Pihaknya berharap kepada  para ASN agar membeli kebutuhan pokok di pasar tani ini.

“Disini banyak tersedia seperti ikan, daging, sayur-mayur, beras, buah lokal  dan lain sebagainya. Semuanya masih segar, harganya juga terjangkau. Mari kita bantu hidupkan perekonomian lokal dengan berbelanja di pasar tani menjelang hari raya galungan dan kuningan,” tutupnya. (BB)


TAGS :

Komentar