Bupati Bangli Hadiri Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM

  30 Oktober 2021 EKONOMI Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri acara pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM dengan tema strategi UMKM di tengah masa pandemi covid-19 , dalam kesempatan itu hadir pula Ketua DEKRANASDA Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Ny. Suciati Diar, Ketua GATRIWARA Kabupaten Bangli Ny. Sukma Suastika, Ketua Persatuan Darma Wanita Kabupaten Bangli Ny. Dayu Suardini Giri Putra, Branch Manager PT. Indomarko Bali Bapak Hubertus Budiantoro dan Kadisperindag I Wayan Gunawan di Museum Gunung Api Batur, Selasa 05-10-21.

Branch Manager PT. Indomarko Bali Bapak Hubertus Budiantoro menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Bangli di acara pelatihan ini, kegiatan CSR ini merupakan kegiatan Indomaret yang bekerjasama dengan DEKRANASDA Kabupaten Bangli. Hal ini sebagai wujud nyata bahwa Indomaret selalu bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Bangli, untuk maju dan berkembang bersama. 

Adapun tujuannya mengajak masyarakat dan pelaku UMKM agar terus berkembang di tengah pandemi Covid-19 untuk berani berwirausaha serta turut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaannya. “Untuk tema seminar hari ini kita mengambil tema strategi UMKM di tengah masa pandemi Covid-19. Dimana kegiatan seminar UMKM ini telah masuk menjadi kalender rutin setiap tahunnya dan dilaksanakan secara bergilir di setiap kabupaten. Kegiatan seminar kali ini dalah kegiatan seminar yang ke 8.

Sedana Arta, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Indomaret karena memang sudah bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Bangli. Dirinya juga ingin mengajak kepada seluruh kawan-kawan pelaku  UMKM. “Dimasa sulit ini kita harus berani melakukan inofasi-inofasi terkait produk yang kita buat. Dengan diadakannya pelatihan kewirausahaan harus diikuti sangat serius, sehingga produk-produk usaha kecil di kabupaten ini menjadi bangkit, nantinya bisa bersaing di ranah dunia modern seperti ini. Pelatihan-pelatihan seperti ini mudah-mudahan bisa berlanjut kedepannya,” sebutnya. 

Lanjut Sedana Arta juga menyampaikan bahwa potensi di Kabupaten Bangli ini sangat luar biasa bahkan di masa covid ini masyarakat di Kabupaten Bangli bisa bertahan, karena selama covid ini bisa berkarya melalui UMKM terutama di sektor pertanian dan peternakan. Pemerintah Kabupaten Bangli hampir 54% menguasai produksi telor di Bali.

“Kami berharap kepada pengusaha UMKM di Kabupaten Bangli ini bisa mulai mengerti dan memahami tentang beberapa aspek seperti bahan, rasa, desain packaging terhadap produk unggulan masing-masing. Dengan diadakan pelatihan seperti ini mudah-mudahan bisa masuk atau diterima oleh gerai-gerai Indomaret ataupun di swalayan-swalayan besar,” ucapnya.

Dirinya berpesan, anak-anak muda Bangli, jangan pernah lelah untuk belajar, tetap berkarya, melakukan inovasi-inovasi terkait dengan kondisi kekinian dengan berkembangnya teknologi. “Pelaku UMKM harus bisa mempergunakan teknologi yang modern saat ini, untuk menunjang kesuksesan usaha-usaha yang kita kelola sehingga masuk ke Visi dan Misi pemerintah Kabupaten Bangli yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali Menuju Bangli Era Baru,” tutup Sedana Arta. (BB)