Sempat Dilarang, Pencari Koin di Dermaga Pelabuhan Gilimanuk Kembali Beraksi

Ket poto : pemuda pencari koin di Dermaga Pelabuhan Gilimanuk

Baliberkarya.com Jembrana - Sempat dilarang oleh petugas ASDP Pelabuhan Gilimanuk - Ketapang para pencari koin kembali beraksi di Dermaga Pelabuhan Gilimanuk. Sebagian besar para pencari koin tersebut merupakan pemuda yang tinggal di Kelurahan Gilimanuk.

Para pencari koin tersebut rela kejar-kejaran dengan petugas. Kalau ketangkap mereka kadang-kadang di pukul dan disuruh push up oleh para petugas yang melarang untuk beraksi di dermaga, 

Dalam aksinya, mereka naik ke kapal penumpang untuk menarik simpati dari para penumpang, supaya mau melemparkan koin ke laut. Selanjutnya para pencari koin melompat dari kapal langsung menyelam mencari koin.

Hal tersebut mereka lakukan demi mendapatkan uang tambahan untuk biaya sekolah dan membantu orang tuannya dirumah. Para pencari koin juga  rela melawan arus selat Bali yang begitu deras. Kadang-kadeng mereka juga sempat terbawa arus, akan tetapi dengan keahlian berenangnya bisa menyelamatkan diri.

Seperti halnya salah satu bocah dari Ketut Daniat Usta Angelayuda (14) berasal dari Linkungan Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk, Jembrana. Dirinya menekuni pekerjaan mencari koin mulai dari kelas 4 SD hingga sekarang sudah sudah kelas 2 SMP. Dalam pengakuannya, hasil yang didapat untuk membantu biaya uang sekolah dan sisanya membantu orang tua dirumah. Rabu (20/10/2021).

"Perhari kalau rame biasanya saya dapat uang mencapai 150 ribu rupiah kalau sepi kadang-kadang mendapatkan 30 ribu rupiah. Itu pun saya selalu waspada kalau ada petugas yang patroli. Kalau ditangkap teman yang sudah besar dipukuli dan yang kecil disuruh push up. Akan tetapi, sampai saat ini masih aman dan tidak pernah dimarah sama petugas," tutupnya. (BB)


TAGS :

Komentar