Bantu Warga Ratusan Ternak, Bupati Tamba Minta  Pelihara dengan Baik

  15 Oktober 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba SH pantau kandang hewan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Komitmen pemerintah kabupaten Jembrana dalam memberdayakan dan mensejahterakan petani terus dilakukan. Meski dalam suasana pandemi, melalui Program Gempita kepada Kelompok Tani Ternak Tahun 2021.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyerahkan ratusan ekor kambing kepada petani ternak di wilayah Jembrana. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok yang dipusatkan di Dusun Banyubiru, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana jumat 15/10.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama menerangkan, total bantuan ternak kambing yang diberikan kepada 7 (tujuh) kelompok tani se wilayah Jembrana yang berjumlah 308 ekor. Dengan rincian, setiap kelompok mendapat bantuan sebanyak 40 ekor ternak kambing betina dan 4 ekor kambing pejantan.

"Selain berupa kambing, bantuan yang diserahkan juga berbentuk kandang koloni dan obat - obatan hewan yang diberikan 1 unit/paket per kelompok. Dengan total anggaran senilai Rp. 1.265.272.001 atau Rp. 179.260.550 per kelompok," terangnya.

Sebelum diserahkan, Bupati Tamba juga sempat mengecek untuk memastikan kondisi ternak dalam keadaan baik dan dinyatakan sehat. Ia mengatakan bantuan yang diserahkan diharapkan mampu mendorong ekonomi warga, khususnya kelompok masyarakat yang berusaha di sektor peternakan.

"Bantuan ini sebagai bentuk komitmen kita Pemerintah Kabupaten Jembrana untuk membantu masyarakat khususnya dalam pemberdayaan kelompok tani ternak apalagi ditengah pandemi seperti sekarang. Untuk itu saya harapkan bantuan yang diterima itu bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik, sehingga meningkatkan ekonomi dan mampu menghasilkan bagi kelompok maupun keluarga," harapnya.

Sementara salah seorang penerima bantuan asal Desa Berangbang, Putu Serana Yana mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima kelompoknya. "Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan maksimal. Kami akan pelihara dengan baik sehingga mampu berkembang dan berdampak terhadap kesejahteraan kelompok kami," tandasnya. (BB)