Peristiwa Langka, Nyoman Sumatra Ditemukan Meninggal dalam Posisi Duduk Diatas Pohon Kelapa

  08 Oktober 2021 PERISTIWA Karangasem

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Seorang warga, I Nyoman Sumatra (L) 48 th asal Dusun Tukad Subuh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem di evakuasi Tim SAR Gabungan di atas pohon kelapa pada pada jumat siang (8/10/2021) sekira pukul 12.00 Wita. Pasalnya, Nyoman Sumatra ditemukan tak bernyawa dengan posisi duduk di pelepah kelapa. 

Menurut informasi yang di peroleh dari Koordinator Pos SAR Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana, bahwa sebelumnya korban memanjat pohon kelapa sekitar pukul 08.00 Wita, namun setelah memanjat hampir satu jam lamanya korban tak juga kunjung turun. Melihat hal tersebut istri korban, Ni Wayan Ranis kemudian melaporkan kejadian itu kepada pihak keluarga. 

"Istri korban menghubungi Pos SAR Karangasem, untuk meminta bantuan" terang Ngurah Eka. 

Disisi lain Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) membenarkan kajadian tersebut dan telah mengerahkan Tim Rescue dan juga peralatan menuju Lokasi Kejadian. 

"Kami telah mengerahkan personel untuk melakukan evakuasi terhadap korban, pertama kali keponakan korban naik untuk mengikatkan tali kemudian Tim Rescue naik menggunakan ascend Mechanical System, setelah itu korban diturunkan dengan cara menggunakan system Lowering," ungkapnya.

"Sebelumnya kami mengira korban hanya pingsan namun setelah diperiksa oleh Tim Medis dari Puskesmas Desa Selat korban dinyatakan meninggal dunia" imbuhnya. 

Beberapa unsur SAR Gabungan terut membantu dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan diantaranya Basarnas Pos SAR Karangasem, BPBD Kabupaten Karangasem, Damkar Kabupaten Karangasem, PMI Karangasem, Puskesmas Desa Selat, Babinkamtibmas Desa Selat, Babinsa Desa Selat, keluarga korban serta masyarakat setempat.

Atas permintaan keluarga saat ini korban telah dibawa menuju rumah duka. Adapun penyebab kematian korban sampai saat ini belum diketahui secara pasti.(BB).