Peluncuran Livin by Mandiri di Pusat Perbelanjaan, Trisno Nugroho: Penggunaan QRIS di Bali Meningkat 80 Persen

Foto: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho bersama Vice Presiden Bank Mandiri Regional Bali dan Nusa Tenggara Winardi Legowo saat mencoba Super App Livin By Mandiri di Pusat Pembelanjaan Mall Bali Galeria (MBG) Kuta, Bali, Senin sore (4/10). di salah satu Pusat Pembelanjaan di Provinsi Bali, pada Senin sore (4/10).

Baliberkarya.com-Kuta. Seiring perkembangan jaman, dunia digital termasuk di dalam sistem pembayaran merupakan keniscayaan. Peran teknologi digital dalam dunia perbankan juga merupakan keharusan untuk pengembangan produk dan layanan agar memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat luas sebagai pengguna. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, ditengah Bank Mandiri memasuki usia 23 tahun kini menyediakan solusi perbankan digital kepada nasabah dengan meluncurkan Super App Livin By Mandiri dan Digitalisasi Pembayaran di salah satu Pusat Pembelanjaan di Provinsi Bali, pada Senin sore (4/10).

Peluncuran yang dilaksanakan di Mall Bali Galeria (MBG) Kuta, Bali ini dihadiri langsung Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho. Trisno Nugroho dalam pidato sambutannya yang diawali sejumlah pantun itu menyambut baik kehadiran Livin by Mandiri yang luncurkan ditempat terbuka seperti pusat perbelanjaan ini.

"Saya menyambut baik kehadiran Livin by Mandiri. Mau ndak mau bank harus kearah digital," kata Trisno seraya mencoba Super App Livin By Mandiri dengan membeli sejumlah minuman dan mentraktir sejumlah wartawan yang hadir.

Menurut Trisno, dari ratusan bank yang ada, saat ini ada sekitar 62 bank maupun non bank yang mendapat ijin dari Bank Indonesia untuk mengeluarkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS adalah standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking.

"Jika bank tidak melakukan digitalisasi maka akan ketinggalan, karena digital adalah keniscayaan untuk pembayaran masa kini," tegas Trisno sambil tersenyum.

Trisno ingin mendorong digitalisasi QRIS di seluruh sektor di Bali dan salah satunya adalah di mall atau pusat perbelanjaan. Trisno yang dikenal sangat dekat dengan awak media ini membeberkan peningkatan digitalisasi penggunaan QRIS di Bali dimana sejak Januari hingga awal Oktober 2021 mengalami peningkatan dasyat yakni mencapai 80 persen. Sebelumnya, pada Januari mencapai 180 ribu namun kini telah mencapai 320 ribu.

"Inilah cara baru pembayaran secara digital yang bermanfaat buat semua pihak apalagi untuk mencegah Pandemi Covid-19. Kesadaran digitalisasi masyarakat makin tinggi ditambah kepercayaan dan volume yang juga meningkat," tegas Trisno.

Sementara, Vice Presiden Bank Mandiri Regional Bali dan Nusa Tenggara Winardi Legowo mengakui jika transaksi mercandhise Bank Mandiri mengalami penurunan cukup tajam selama pandemi Covid-19 karena pusat perbelanjaan tutup, namun untuk transaksi non tunai saat ini peminatnya mengalami peningkatan. Winardi mengaku Livin by Mandiri ini merupakan pengembangan nasabah dari sebelumnya online menjadi Livin.

"Nah yang dilakukan adalah menambah fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Contoh jika sebelumnya tarik tunai pakai kartu, namun sekarang bisa tarik tunai tanpa kartu ATM lagi tapi cukup pakai HP dengan Livin," jelas Winardi.

Untuk target Livin by Mandiri, Winardi menyebut sebanyak 498 ribu nasabah Bank Mandiri. Saat ini, sebagian nasabah Bank Mandiri yang sudah menggunakan livin by Mandiri.

"Nasabah yang sudah di Livinkan mencapai 325 ribu nasabah, jadi kurang sedikit lagi," sebutnya.

Dalam Super App Livin by Mandiri ini, Bank Mandiri memperbaharuinya sebagai bentuk penyempurnaan terkini digital banking perseroan. Adapun fitur teranyarnya antara lain pembukaan rekening baru, verifikasi wajah, quick access, tarik tunai tanpa kartu. Tak hanya itu saja, kini e-wallet linkage untuk top up dan update saldo e-money termasuk uang elektronik lainnya dengan satu klik hingga transfer dan bayar tagihan favorit di satu tempat.(BB). 


TAGS :

Komentar