Wabup Ipat Ingatkan Anak Muda Jangan Lupakan Sejarah 

Baliberkarya

Baliberkarya.com - Jembrana, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati secara virtual di Kabupaten Jembrana, Jumat (1/10/2021). Hadir Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD Pemkab Jembrana  di Ruang Executive Room, Kantor Bupati Jembrana.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun  ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di lokasi Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur tersebut mengangkat tema Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila. Diikuti Pejabat Tinggi setingkat Menteri/Pimpinan Lembaga, pemerintah tingkat provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia secara virtual.

Wabup Ipat usai mengikuti acara tersebut, mengatakan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan pengingatan perjalanan sejarah bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara. “Ada perjuangan panjang yang harus terus diingat oleh setiap generasi dan menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,’ujarnya.

Kata Wabup Ipat, Selama ini berbagai ancaman, tantangan dan hambatan telah dialami bangsa Indonesia. Meski demikian, Pancasila tetap menjadi landasan dan Ideologi bangsa yang kokoh. ”Ini membuktikan, kalau Pancasila tidak bisa digantikan oleh ideologi lainnya kecuali tetap Pancasila. Meski dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia sering dihadapkan dengan berbagai ancaman, tantangan termasuk gangguan baik dari dalam dan luar Negeri,” tegasnya.

Kepada generasi muda, Wabup Ipat berharap, untuk tetap menjaga dan memelihara Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dari masa ke masa. "Generasi penerus bangsa untuk tidak lupa dengan sejarah. Saat ini kita berada di alam negara yang merdeka, kita hendaknya mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kreativitas yang positif demi kemajuan bangsa ini,” tutupnya. (BB)


TAGS :

Komentar