Nangkil di Besakih, PSR Bagikan Modal Usaha Bagi Pedagang, Tukang Foto dan Pelaku UMKM

  14 September 2021 TOKOH Karangasem

Wakil Ketua Badan Kerjasama DPR RI yang juga Anggota DPR RI Dapil Bali Putu Supadma Rudana (PSR) bersama jasa fotografer di Pura Besakih, Karangasem, Senin (13/9/2021).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Setelah melakukan kegiatan roadshow di Kabupaten Jembrana, Wakil Ketua Badan Kerjasama DPR RI Putu Supadma Rudana (PSR) kembali berlanjut ke kabupaten/kota, Senin (13/9/2021), dengan nangkil (sembahyang) ke Pura Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Selain nangkil di Pura Besakih yang menjadi Pura terbesar di Bali dan Nusantara, PSR juga menyempatkan menyambangi pelaku usaha di Kawasan Pura Besakih. Kehadiran PSR di Pura Besakih ini untuk kesekian kalinya sejak duduk di DPR RI. 

Sebelumnya, pada September Tahun 2017 saat Gunung Agung erupsi, PSR nangkil sekaligus menyambangi pengungsi Gunung Agung dengan memberikan bantuan sembako. Saat nangkil Senin kemarin, tepat saat status Gunung Agung diturunkan levelnya dari level II (waspada) ke level I (normal) oleh Kementerian ESDM RI.

Sebelum memasuki Utamaning Mandala untuk sembahyang di Pura Besakih, PSR keliling di parkiran sembari membagikan modal usaha kepada pedagang canang, pedagang asongan, warung makanan. Puluhan pedagang canang menyambut kehadiran PSR. 

Bahkan belasan tukang foto (fotografer freelance, red) berebut mengambil gambar PSR. Saat itu juga politisi Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar ini membagikan bantuan modal. Kali ini, ada 7 orang tukang foto ketiban rejeki nomplok yang diberikan PSR secara spontan.

PSR mengatakan dirinya lebih dulu menyambangi pedagang canang, pemilik warung hingga tukang foto yang mengandalkan kehadiran turis yang menggunakan jasa mereka. 

"Di tengah Pandemi Covid-19 ini, tukang foto, pelaku UMKM dan pedagang asongan terkena dampaknya. Kita membantu dengan modal usaha. Walaupun kecil, setidaknya mereka bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini," ucap praktisi pariwisata yang juga Anggota Komisi VI DPR RI dapil Bali ini.

Setelah menyambangi pelaku UMKM di Parkiran Pura Besakih dan tukang foto, PSR didampingi Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha melakukan persembahyangan bersama dengan Krama yang juga nangkil. PSR menegaskan sembahyang di Pura Besakih untuk nunas kerahayuan Jagat Bali. 

"Dengan sembahyang dan nunas ica (memohon anugerah) di Pura Besakih, Pandemi Covid-19 cepat berlalu, dunia ini kembali kepada situasi normal, ekonomi masyarakat Bali juga pulih," harap PSR.(BB).