Sabet Penghargaan Top Pembina BUMD 2021, Bupati Tamba Berharap Mampu Memotivasi Pelaku Usaha Milik Daerah

Keterangan foto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat menghadiri malam penghargaan bersama bupati Magetan - Jawa Timur Suprawoto. Turut juga hadir Asisten II Pemkab Jembrana I Gusti Ngurah Sumber Wijaya serta Direktur Perumda Air Minum Jembrana Ida Bagus Kerta Negara

Baliberkarya.com - Jembrana. Bupati Jembrana I Nengah Tamba  meraih penghargaan nasional sebagai  Top Pembina BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Award 2021 dari majalah Top Business Jakarta. Penghargaan diberikan atas dedikasi dan kepemimpinannya dalam membina BUMD di Jembrana sehingga mampu produktif dan berkontribusi menunjang  perekonomian daerah.

Sementara, Perumda Air Minum Tirta Amertha Jati Jembrana dianugerahi Top BUMD Awards 2021 kategori bintang empat. Penyerahan pada acara puncak penghargaan Top BUMD Award di Raffles hotel di Jakarta ,Jumat  malam , 10 September 2021. 

Penghargaan untuk menilai kinerja BUMD ini rutin  terselenggara atas kerja sama majalah Top Business dengan institut Otonomi Daerah serta lembaga konsultasi lainnya. Turut menerima penghargaan dari Provinsi Bali, Bupati Gianyar  I Made Agus Mahayastra.

Bupati Tamba  berharap penghargaan mampu memotivasi  pelaku usaha milik daerah agar tetap semangat  dalam menciptakan peluang usaha. Terlebih dimasa pandemi ini agar tetap berkontribusi menunjang pembangunan daerah.

"Tentu tidak kalah pentingnya, agar mampu menggeliatkan ekonomi didaerah serta terus berpacu meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat," kata Tamba saat dikonfirmasi seusai acara.

Sementara Dirut Perumda Air Minum Tirta Amertha Jati Ida Bagus Kerta Negara penghargaan kali ini untuk top bintang empat untuk pertamakalinya diraih setelah sebelumnya hanya bintang tiga. Termasuk, tahun ini untuk  pertamakalinya dianugrahi top pembina BUMD kepada Bupati I Nengah  Tamba.

Lebih jauh, Kerta Negara mengatakan dengan jumlah pelanggan saat ini mencapai 24.900 orang, targetnya adalah meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat .Termasuk mempertahanaknan kinerja Perumda serta kualitas kesehatan air minum.

"Atas penghargaan ini saya sampaikan terimakasih kepada bapak bupati dan wakil bupati  yang telah membina kami dalam menjalankan BUMD. Semoga kedepan Perumda Tirta Amertha Jati Jembrana semakin baik," kata Kerta Negara yang juga terpilih sebagai Top CEO BUMD 2021.

Terkait penilaian, Ketua Dewan Juri Prof.DR. Djohermansyah Djohan memaparkan ada empat aspek utama yang ditekankan tim menilai kinerja BUMD secara keseluruhan. Aspek penting  menetukan leve mulai dari bintang satu hingga bintang lima.

Diantaranya, pencapaian aspek bisnis dan kinerja. Kemudian Aspek kepemimpinan serta manajerial . Ketiga bagaimana kontribusi BUMD bagi pembangunan daerah. Serta terakhir, bagaimana strategi dan inovasi dimasa pandemi menjadi aspek yang tidak kalah pentingnya. "Karena pandemi penilaian kami lakukan secara virtual dari berbagai BUMD se-Indonesia," bebernya.

Sementara untuk Top pembina, diberikan penghargaan  karena dinilai  keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran kepala daerah. "Kepala daerah memegang peran penting. Mulai dari ide , fasilitasi dan dorongan untuk memajukan BUMD diwilayahnya Jadi Awards ini bisa semacam suntikan vaksin kinerja ditengah pandemi," jelasnya.

Kegiatan TOP BUMD Awards ini diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. Tema tahun  ini adalah “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi COVID-19”.

Bertindak sebagai Ketua Dewan Juri adalah Prof Dr Djohermansyah Johan MA. Sementara pada acara puncak penghargaan, sebagai keynote speaker adalah Menteri  BUMN Eric Thohir yang disampaikan secara virtual. (BB)


TAGS :

Komentar