Tetap Keatif Saat Pandemi, Pemenang Lomba Lomba HUT ke-20 Partai Demokrat Asal Bali Optimis Raih Juara Nasional

Baliberkarya.com-Denpasar. Setelah melakukan proses penjurian dan penilaian, DPD Partai Demokrat Provinsi Bali akhirnya mengumumkan para pemenang berbagai lomba yang diadakan untuk menyemarakkan HUT ke-20 Partai Demokrat (Dua Dekade Partai Demokrat). Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah dilakukan di Kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Bali di Renon, Denpasar, Kamis (2/9/2021).

Tema besar berbagai lomba ini adalah “Partai Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat” dengan beberapa sub tema yakni Penanganan Pandemi Covid-19, Selamatkan Ekonomi Rakyat, Selamatkan Demokrasi, Keadilan dan Kedamaian untuk Rakyat, Bersama Kita Kuat Bersatu Kita Bangkit dan Muda Adalah Kekuatan.

Terdapat tujuh kategori lomba “Dua Dekade Partai Demokrat; Tetap Kreatif Walau Stay at Home” ini yakni lomba menyanyi, lomba menulis artikel, lomba karikatur dan melukis, lomba video pendek, lomba fotografi dan lomba desain merchandise.

Tentu saja lomba ini disambut antusias masyarakat Bali dan khususnya generasi muda milenial Bali walaupun waktu lomba sangat singkat dam pengumuman lombanya terbilang mepet. Kali ini, total ada 355 orang lebih peserta dari seluruh Bali dan dari berbagai kalangan serta rentang usia ikut memeriahkan lomba ini.

Peserta paling banyak ada di lomba fotografi dan menyanyikan lagu berjudul “Cahaya Dalam Kegelapan” yang merupakan ciptaan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

“Kami sangat surprise karena walaupun waktunya mepet dan singkat, lomba-lomba ini disambut antusias dan peserta sangat luar biasa kreatif dan mengeluarkan kemampuan serta bakat terbaiknya. Ini juga bukti bahwa kreativitas tidak pernah mati di masa pandemi Covid-19,” ucap Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta didampingi Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Wayan Adnyana dan Bendahara DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Sada kepada wartawan usai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Lebih jauh Mudarta menjelaskan berbagai lomba yang digelar menyambut HUT ke-20 Partai Demokrat ini juga sesuai dengan arahan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan juga digelar di seluruh DPD Provinsi di Indonesia.

“Selain lomba serangkaian Bulan Bakti Partai Demokrat, kami di DPD dan DPC Partai Demokrat juga menggelar aksi sosial dari 12 Agustus sampai 31 September 2021 untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Kita membagikan paket sembako, masker, vitamin, makanan dan lainnya untuk saudara kita yang terdampak pandemi dan PPKM,” jelas Mudarta.

Hadiah untuk para pemenang lomba ini cukup besar dengan total hadiah puluhan juta untuk tingkat provinsi. Untuk setiap katagori yang meraih juara 1 mendapatkan uang tunai Rp 1.500.000; juara 1 mendapatkan Rp 1.250.000; dan juara tiga sebesar Rp 1.000.000. Mereka juga mendapatkan piagam penghargaan.

Selanjutnya para juara 1 dari masing-masing kategori lomba dari DPD Demokrat Bali akan dilombakan di tingkat nasional dimana mereka akan bersaing dengan para juara 1 dari seluruh Indonesia. Karya mereka akan dinilai dewan juri di pusat pada tanggal 5-6 September 2021 dan para pemenang tingkat nasional akan diumumkan tanggal 9 September 2021 sekaligus penyerahan hadiah dan bertepatan dengan puncak peringatan HUT-20 Partai Demokrat.

Mudarta juga menjelaskan berbagai lomba yang digelar Demokrat Bali ini mengusung spirit “Tetap Kreatif Walau Stay at Home” sehingga semua lomba dikerjakan dari rumah masing-masing peserta dan tidak ada berkerumun melainkan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Para panitia juga bekerja dari rumah dan hanya penyerahan hadiah dilakukan secara fisik di Kantor DPD Demokrat Bali dengan tetap mengutamakan prokes.

“Jadi imbauan pemerintah work from home kita jalankan. Tetap kreatif walaupun dalam masa pandemi dan penerapan PPKM level 4 di Bali,” tegas Politisi Demokrat asal Jembrana ini.

Sementara, Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Wayan Adnyana optimis perwakilan dari Bali bisa meraih prestasi di tingkat nasional dan akan menjadi kebanggan sendiri bagi keluarga besar Demokrat di Pulau Dewata.

“Kami yakini mereka ada yang juara di tingkat nasional karena karyanya bagus-bagus dan kreatif,” ungkap mantan Anggota DPRD Bali dua periode ini.

Para juara berbagai lomba ini mengaku antuasias dan sangat terkesan dengan kesempatan lomba dan berkretivitas yang difasilitasi Demokrat Bali. Mereka juga menilai Demokrat sebagai partai yang sangat peduli dengan rakyat di masa susah pandemi dan penerapan PPKM Level 4 ini. Bahkan para juara 1 berbagai lomba ini juga menegaskan optimismenya mampu meraih juara di tingkat nasional dan mengharumkan nama Bali.

“Kami yakni bisa juara nasional dan membuktikan bahwa talenta kreatif anak muda Bali bisa terus berkembang,” tutup Amy Divanio Arcella, juara 1 lomba menyanyikan lagu “Cahaya Dalam Kegelapan” ciptaan SBY.(BB). 


TAGS :

Komentar