Kasus Covid-19 Menurun, Intensif Nakes Jembrana Sudah Lunas Terbayarkan 

  02 September 2021 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba SH didampingi Forkopimda Kabupaten Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com  - Jembrana. Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Jembrana sudah mulai turun secara drastis. Untuk meminimalkan kembali penyebaran kasus tersebut Satgas Covid-19 Kabupaten Jembrana menggelar rapat pembahasan penanganan kasus yang melibatkan Forkopimda Jembrana yang bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana.

Pembahasan tersebut mengulas kembali penanganan Covid-19 di Kabupaten Jembrana, pengoptimalan isolasi terpusat (isoter) serta pendataan agar akurat dan sinkron. Secara umum, grafik Covid-19 di Kabupaten Jembrana sejak dua pekan terakhir terjadi penurunan. 

Saat dikonfimasi awak media, Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang didampingi juga Kapolres Jembrana, Dandim 1617/Jembrana, Kajari Jembrana, seluruh Camat dan sejumlah OPD yang merupakan Ketua Satgas Covid-19 Jembrana mengatakan, pihaknya terus berupaya mengurangi penyebaran covid.

"Kita terus berupaya menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jembrana, syukur grafik sudah menurun, BOR (kapasitas rumah sakit) juga dibawah 50 persen. Kita satukan persepsi berupaya terus, agar terus menurun,” terangnya, Kamis (2/8/2021).  

Terkait isoter berbasis desa adat, Bupati Tamba juga menjelaskan, Isoter berbasis desa itu awalnya disediakan karena untuk menampung kekurangan di isoter Satgas. “Sekarang ini isoter terpusat sudah mulai kosong, jadi diarahkan dibawa ke isoter yang terpusat,” terang Tamba

Dengan menurunannya kasus covid-19, warga yang terkonfirmasi diarahkan ke isoter yang disediakan dari Satgas. Sedangkan untuk isoter berbasis desa, juga tetap digunakan sewaktu-waktu bila terjadi overload di isoter yang telah disediakan Satgas. Baik itu Hotel, asrama MAN/MTs, Puskesmas Pembantu hingga asrama koramil. 

"Selain itu, kita juga telah sepenunya membayar intensif tenaga medis (nakes) Jembrana. "Jadi sesuai aturan kita bayar dan hari inj sudah lunas semuanya tidak ada tunggakan lagi. Selain itu mengenai sistem pelaporan kasus Covid dan penginputan data diterapkan di Jembrana. Satgas juga sudah mulai menambah petugas dan saat ini sedang digodok agar kecepatan penginputan data bisa dilakukan.