Kunjungan DPR RI, Bupati Tamba Titip Program-Program Besar Jembrana

  31 Agustus 2021 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Bupati Tamba dan Wabup Ipat terima kunjungan DPR RI di Rumah Jabatan BUpati Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup Patriana Krisna menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana beserta anggota DPR RI . Kunjungan terkait Peran Strategis Diplomasi Parlemen dalam Pencapaian SDGs dan Pemulihan Industri Pariwisata di Masa Pandemi Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Selasa (31/08/2021). Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Para Asisten Sekda dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Jembrana. Selain itu, hadir jajaran dadi Poltek Perikanan Jembrana, ASDP Gilimanuk, PLUT Jembrana sebagai wadah UMKM Jembrana.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan, suatu kebahagiaan dan kehormatan bisa hadi di Kabupaten paling ujung barat di provinsi Bali ini. Apalagi setibanya di Kabupaten Jembrana secara langsung bertemu Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna tentu ini menjadi sebuah momentum kebersamaan/sinergi antara DPR RI dengan pemerintah Kabupaten Jembrana. Ditambahnya, ia yang juga termasuk dalam BKSAP DPR RI selama ini senantiasa berkeliling Indonesia sebagai duta dari parlemen, guna menyuarakan program-program yang ada di pusat untuk program-program yang bisa disarulkan ke daerah. Selain itu juga menyuarakan kepentingan-kepentingan bangsa dan negara dikancah Internasional.           

“Untuk saat ini, kami memilih berkunjung ke kabupaten Jembrana merupakan sebuah momentum yang baik, karena kami ketahui Jembrana memiliki potensi yang begitu luar biasa. Bukan hanya pada bidang seni budaya saja seperti makepung, jegog dan kulinernya, tetapi saya baru tahu juga potensi tenunnya yang luar biasa. Selain itu juga terkait hal-hal lain yang berhubungan dengan pembangunan yang direncakan oleh Bupati Jembrana pun begitu luar biasa, diantara seperti TikTop (Tibu Kleneng Tower Park) yang nanti diharapakan menjadi “landmark” di Kabupaten Jembrana. Termasuk pembangunan pelabuhan penyebrangan gilimanuk, ini penting juga bagi Jembrana mengingat sebagai pintu gerbang masuk Bali melalui jalur darat, artinya kami akan kawal hal ini tentu dengan sinergi bersama ASDP agar ini menjadi pintu gerbang terbaik, bukan yang biasa-biasa saja,” ujarnya. 

Terkait Tol Gilimanuk-Mengwi, pihaknya juga berharap segera bisa terealisasi. Seperti diketahui tol ini akan melewati 5 kecamatan di Jembrana sepanjang 54 km, tapi nantinya total keseluruhannya sepanjang 95 km. “Ini kita akan kawal juga, agar waktu tempuh yang sebelumnya lama bisa dipangkas sehingga lebih cepat, bukan sampai disana saja  secara desain juga harus menampung kearifan lokal, agar dijalan itu juga mengakomodir masyarakat lokal untuk bisa menjual produk UMKM-nya, dan perekonomian masyarakat juga disuport. Jadi bukan jalannya saja yang penting, namun lebih kepada memberikan dampak atau sumbangsih yang besar kepada msyarakat dalam pembangunan ekonomi,” ucapnya.

 

 

Lebih lanjut Anggota DPR RI Dapil Bali tersebut menuturkan BKSAP hadir secara menyeluruh, lintas fraksi dan lintas komisi. “Kami hadir dari ada komis VI, ada komisi IV, V, IX, XI dan komisi VIII,  ini menjadi bedanya BKSAP karena yang hadir adalah lintas fraksi dan lintas komisi. “Jika hanya komisi yang hadir hanya fokus pada satu hal, tapi BKSAP hadir guna menampung berbagai hal. Kami juga sudah berkomitmen menjadi duta penyuara bagi Kabupaten Jembrana, melihat dari  potensi yang luar biasa dimiliki oleh Kabupaten Jembrana dan kita akan kawal itu dengan baik. Nantinya kami sangat setuju Jembrana Kembali Jaya, Jembrana Kembali Bangkit, dan Jembrana Bahagia untuk mewarnai perekonomian di Bali disamping pariwisata yang maju, juga potensi kelautaan dan perikanan serta pertanian khususnya coklat Jembrana. Dan kami akan membawa ini ketingkat nasional dan Internasional untuk menyuarakan potensi di Jembrana ini,” Imbuhnya. (BB)

 

 

Sementara itu, Bupati Tamba menyampaikan dengan kehadiran BPSAP DPR RI  ke kabupaten Jembrana menjadi momentum yang sangat luar biasa. “Harap Kami sangat besar untuk menitipkan kabupaten Jembrana. Dari sekian program kerja kami kedepan,  melihat PAD yang kecil tentu tidak bisa dikerjakaan. Namun kami sangat optimis dengan kehadiran BKSAP ini mampu mengawalnya sehingga bisa terealisasi," kata Tamba.

 

Selanjutnya Ia juga memohon  doa restu kepada masyarakat Jembrana agar beberapa rencana besar itu  dapat terealisasi. “Kami mohon dukungan dan doa restunya. Jadilah public relations, menceritakan hal baik bagi kabupaten Jembrana,” tandasnya .

    

Dalam acara tersebut di isi pula dengan diskusi-diskusi terbuka kepada anggota DPR RI mengenai segala aspek dan hal yang ingin disampaikan oleh para tamu undangan mengenai bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif.