Kreatifitas Anak Muda Sangkaragung Berbudidaya Ikan Lele Dapat Dukungan Langsung Wabup Ipat

  24 Agustus 2021 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri pemelaspasan Kolam Bioflok

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Langkah strategis dalam menunjang aktivitas dan perekonomian terus dilakukan di kabupaten Jembrana. Guna mendukung hal tersebut, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri pemelaspasan Kolam Bioflok Kelompok Budidaya Ikan Air Mancur di Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Minggu (22/8).

 Ketua Kelompok Air Mancur, I Made Semara Wima Juliarta mengatakan, awal pertama kali kelompok terbentuk pada awal Januari lalu. Dengan anggota kelompok 20 orang dan mayoritas dari kalangan anak muda itu disebutkannya mendapat dukungan penuh dari Pemkab Jembrana dan Pemerintah Pusat melalui Anggota Komisi IV DPR RI. “Bantuan ini Astungkara akan kami manfaatkan dengan baik kedepannya. Ini adalah solusi bagi kami yang juga tengah kesulitan di tengah pandemi ini,”ujarnya.

 Mengenai kolam lele yang tengah dilakukan upacara pemelaspasan itu, dijelaskannya saat ini kelompok memiliki 8 kolam lele dengan sistem budidaya bioflok. Sementara mengenai penebaran benih akan dilakukan bulan depan (september). “Rencananya bulan depan akan dilakukan tebar benih lele secara serentak se-Bali. Dari jumlah 8 kolam yang ada, masing- masing kolam akan diisi 2.800 benih ikan lele. Dengan masa panen 3 bulan,”jelasnya.

Sementara Wabup Ipat berharap hal itu bisa menjadi awal yang baik bagi pengembangan potensi budidaya ikan lele di Jembrana. Disampaikannya bahwa kolam bioflok yang tengah dipelaspas itu merupakan hasil aspirasi masyarakat yang didukung langsung oleh pemerintah pusat melalui Anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.  “Di Jembrana sendiri ada 2 kelompok yang tahun ini mendapat bantuan kolam lele. Selain di desa Sangkaragung ini juga ada di Desa Melaya. Dengan adanya kolam bioflok ini semoga bisa berdampak positif bagi masyarakat ditengah pandemi sekarang,”harapnya.

 Ipat juga meminta agar kelompok pembudidaya ikan yang sudah diberikan bantuan agar memanfaatkan bantuan secara baik dan dilakukan secara berkelanjutan. Terlebih anggota kelompok yang terdiri dari anak – anak muda disini. “Semoga bisa dipergunakan dengan sebaik – baiknya sehingga bisa meningkatkan penghasilan kelompok dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi. Apa yang dilakukan anak – anak muda disini juga saya harapkan bisa menjadi contoh bagi generasi muda lainnya di Jembrana,”tandasnya.

Usai acara Wabup Ipat juga menyerahkan bantuan senilai Rp.5 juta rupiah yang diterima ketua kelompok.