Wabup Diar Tebar Benih Ikan Nila Tiga Lokasi di Bangli

Ket Poto, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar S.ST.Par tebar bibit ikan nila di tiga lokasi

Baliberkarya.com – Bangli. Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar S.ST.Par hadiri Penebaran Benih Ikan Nila Jumat, (20/8/2021), di perairan areal Pura Langgar Desa Bunutin Kecamatan Bangli, dalam kesempatan itu hadir Pula, Ketua DPRD Kab Bangli, I Ketut Suastika, SH, Kadis PKP, I Wayan Sarma, Camat Bangli, serta Perbekel Desa Bunutin.

Kadis PKP Kabupaten Bangli I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan kegiatan penebaran benih ikan nila ini dilaksanakan serentak di 3 lokasi yakni di areal perairan Pura Taman Narmada Bali Raja, Desa Tamanbali, di areal perairan Pura Langgar Desa Bunutin Bangli, dan Di Bendung Tampuagan  Desa Peninjauan Kecamatan Tembuku, kegiatan ini dirangkaikan dengan Hut RI ke 76 tahun 2021.

Pelaksanaan restoking kali ini adalah yang ke dua kalinya. Untuk tahun ini dilakukan penebaran sebanyak 300 ribu bibit ikan nila yang terdiri dari 150 ribu di tahap pertama, sedangkan untuk tahap yang kedua ini sebanyak 150 ribu bibit ikan nila yang dibagi menjadi 3 titik penebaran  masing-masing 50 ribu bibit nila.

Bibit ikan nila ini adalah murni hasil dari budidaya Balai Benih Ikan yang berada di Banjar Sidembunut, Kelurahan Cempaga Bangli, tujuan dari kegiatan ini untuk mengembalikan pelestarian ekosistem perairan umum disamping itu juga agar perairan umum ini tetap produktif bisa memberikan nilai tambah karena diareal ini merupakan sasaran obyek wisata Desa.

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan, harus sering dilakukan sehingga apa yang menjadi tujuan yakni pelestarian lingkungan dan pemanfaatan perairan umum. “Seiring dengan kemajuan jaman teknologi dan ketrampilan, maka perairan umum ini tidak hanya sebagai penangkapan ikan saja, akan tetapi sudah dilakukan restoking atau pembudidayaan,”  Sebut I Wayan Diar

Wayan Diar juga menyampaikan, pembudidayaan juga bisa dilakukan di perairan umum, sehingga ada manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar, “Kita berharap, nanti setelah ditebarnya bibit ikan nila ini tentu yang paling utama, yakni pemeliharaan bibit ini seperti dikasi makan apalagi dimasing-masing titik bibit yang ditebar sebanyak 50 ribu. Bibit nantinya hasil dari pembudidayaan di perairan umum ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” terangnya

Pihaknya juga menambahkan karena ikan-ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi maka pemerintah selalu mengadakan gerakan makan ikan, maka  sangat perlu kita membudidayakan ikan nila ini, imbuhnya. (BB)


TAGS :

Komentar