Perkuat LPD Agar Lebih Baik, Bakumham Golkar Bali akan Gelar Webinar Pemajuan Regulasi, Kelembagaan dan Keuangan LPD

  17 Agustus 2021 POLITIK Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) DPD Partai Golkar Provinsi Bali akan menggelar webinar dengan topik, "Pemajuan LPD dari Aspek Regulasi, Kelembagaan, dan Keuangan yang akan dilaksanakan pada Jumat (20/08/2021) di Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Bali.

"Ada beberapa hal yang patut dibenahi terutama aspek regulasi, kelembagaan, dan keuangan selain juga aspek sumber daya manusia LPD," ucap Ketua Bakumham Golkar Bali, Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati, S.Sos., S.H., M.Si., didampingi Ketua Panitia Webinar I Made Bandem Dananjaya, S.H., M.H., dan anggota Bakumham Golkar Bali kepada wartawan di Sekretariat Golkar Bali, Selasa (17/08/2021). 

Lebih jauh Sri Wigunawati yang juga berprofesi sebagai Advokat ini mengatakan webinar ini juga berangkat dari pendampingan Bakumham Golkar Bali terhadap dua LPD yang saat ini tengah tersangkut masalah hukum. Dari pendampingan hukum itu, kata Sri Wigunawati, Bakumham Golkar Bali melihat ada beberapa hal di dalam LPD yang patut dibenahi seperti manajemen, SDM, dan lainnya. 

Foto: Ketua Bakumham Golkar Bali, Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati, S.Sos., S.H., M.Si.

"Dalam webinar itu nantinya Bakumham Golkar Bali bersama-sama para narasumber akan memberikan kontribusi pemikiran untuk nantinya bisa memberikan penguatan pemajuan kepada LPD sehingga LPD akan semakin kuat baik aspek regulasinya, kelembagaannya, keuangannya dan bahkan SDM-nya," terang srikandi Partai Golkar ini. 

Setelah melakukan pendampingan hukum terhadap dua LPD yang saat ini tengah tersangkut masalah, Bakumham Golkar Bali melihat ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi LPD menjadi tidak sehat. Antara lain faktor SDM, manajemen, komitmen pengurus masih rendah, belum sinkronnya antara pengelolaan LPD dengan prajuru adat, dan faktor berikutnya adalah terjadi kredit macet.

"Salah satu tujuan kami menggelar webinar nanti adalah memberikan wawasan serta pengetahuan kepada masyarakat tentang penguatan LPD dari aspek regulasi, kelembagaan, dan keuangan," jelas politisi senior asal "Bumi Mekepung".

Webinar nanti akan mengundang beberapa narasumber baik offline maupun online. Diantaranya Ketua BKS-LPD Bali Nyoman Cendikiawan dari aspek filosofi dan kelembagaan, Dr. I Nyoman Sukandia, S.H., M.H., dari aspek yuridis, Prof. Dr. I Wayan Ramantha, S.E., M.M., Ak., dari aspek ekonomi sosiologis, dan Ketua Bakumham Golkar Bali Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati. 

Sementara, Ketua Panitia Webinar Bandem Dananjaya menjelaskan narasumber online yang akan hadir dalam webinar nanti, diantaranya Kapolda Bali cq Kabidkum, Kejaksaan Tinggi Bali cq Aspidsus, Majelis Desa Adat Provinsi Bali, Kombes Pol. (Purn.) Jero Gede Putus Upadesa Suwena selaku Bendesa Adat Muncan, Karangasem.

"Selain itu juga akan hadir online Gubernur Bali, Ketua DPRD Bali, DPR dan DPD Dapil Bali, kepala daerah se-Bali dan undangan lainnya," pungkasnya.(BB).