Ny. Antari Jaya Nagera Serahkan Bantuan Sayur Dukung Dapur Umum Yadnya Bantu Warga Terdampak

  13 Agustus 2021 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket Poto, Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I Gusti Ayu Ngurah Raini menyerahkan bantuan sayur hasil panen dari kelompok P2L Denpasar, Jumat (13/8/2021) di Dapur Umum Yadnya, Pedungan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Berbagi dan bergerak bersama seluruh elemen masyarakat Denpasar membantu warga terdampak dalam masa Covid-19 terus berlangsung. Gerakan Dapur Umum di Kota Denpasar terus melaksanakan kegiatan membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak. Salah satunya Dapur Umum Yadnya di Pedungan mendapat dukungan dari Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Jumat (13/8/2021) menyerhakan bantuan sayur sayuran. 

"Kami hadir di Dapur Umum Yadnya Pedungan bersama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, menyerahkan bantuan sayur hasil panen dari kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Denpasar,” ujar Ketua TP. PKK, Ny. Sagung Antari Jaya Negara disela-sela menyerahkan bantuan sayur yang didampingi Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar (DPKP), I Gusti Ayu Ngurah Raini.

Lebih lanjut Ny. Antari Jaya Negara menyampaikan hasil panen dari kelompok P2L telah disumbangkan di beberapa tempat yakni di Panti Asuhan hingga gerakan dapur umum yang ada di Kota Denpasar. Disaat kondisi seperti sekarang ini,  pemanfaatan lahan pekarangan, benar- benar dirasakan manfaatnya. P2L dikembangkan dengan tujuan meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga. Melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga. Diharapkan dari bantuan sayur ini mampu memberikan semangat seluruh relawan dalam membantu sesama warga terdampak di tengah situasi pandemic saat ini. “Kami hadir melihat langsung kegiatan Dapur Umum Yadnya di Pedungan dengan menyajikan makanan nasi bungkus dan dibagikan kepada warga, dan kami mengucapkan terima kasih atas gerakan Dapur Umum Yadnya yang turut serta bersama pemerintah membantu warga yang terdampak,” ujarnya. Di Denpasar saat ini terdapat 4 dapur umum yakni Dapur Umum Jaba Paon Kaliasem, Dapur Umum INTI Bali, Dapur Umum SOS Sanur dan Dapur Umum Yadnya Pedungan.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, I Gusti Ayu Ngurah Raini menyempaikan penyerahan bantuan sayur di Dapur Umum Yadnya oleh Ibu Ketua TP PKK Denpasar dari hasil panen kelompok P2L Binaan DPKP Denpasar. Hasil panen yang diserahkan kali ini dari tiga kelompok P2L yakni di Peguyangan Kaja, Penatih, dan dari Lingkungan Tegeh Sari. “Sayur pockcay, terong, tomat dan telor diserahkan kali ini di Dapur Umum Yadnya Pedungan. Ini merupakan sayur organic dari hasil panen kelompok P2L di tiga lokasi, diharpkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi relawan Dapur Umum Yadnya dalam membantu warga terdampak,” ujarnya.

Sementara Koordinator Dapur Yadnya, Agung Yadnya, mengucapkan terima kasih atas bantuan sayur yang diserahkan Ketua TP PKK Denpasar. Bantuan sayur akan di masak menjadi menu dalam nasi bungkus yang akan disebarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Setiap harinya 200 sampai 300 nasi bungkus kami sebar, dan tentunya nasi bungkus ini selalu kita jaga agar tidak basi dan aman di konsumsi,” katanya.

Dijelaskan pula terkait dengan pola penyebaran dilakukan oleh para relawan yang sebelumnya telah mendata ke rumah warga maupun kos-kosan, pemukiman di dalam gang yang membutuhkan bantuan, sehingga nasi bungkus ini dapat tepat sasaran.